Tanda-Tanda CVT Motor Matik Harus Diservis, Awas Jangan sampai Jebol

Muhamad Fadli Ramadan
Waktu yang tepat servis CVT bergantung pada beberapa faktor, antara lain jenis kendaraan, kondisi pemakaian, dan rekomendasi pabrikan. (Foto: Ilustrasi AI)

JAKARTA, iNews.id - Skuter matik (skutik) dilengkapi komponen continously variable transmission (CVT) untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Di dalamnya terdapat komponen yang membutuhkan perawatan berkala.

Waktu yang tepat servis CVT bergantung pada beberapa faktor, antara lain jenis kendaraan, kondisi pemakaian, dan rekomendasi pabrikan. Pemilik wajib membaca buku panduan agar tidak terlewat waktu servis.

Namun, ada panduan standar servis CVT motor matic, yakni servis ringan CVT seperti cek kondisi, bersihkan bagian luar. Biasanya dilakukan setiap 10.000–15.000 km.

Kemudian ganti oli CVT (CVT fluid), di setiap 40.000–60.000 km atau sesuai rekomendasi buku manual kendaraan. Servis menyeluruh CVT seperti bongkar puli, cek belt, dan lain-lain, di setiap 80.000–100.000 km, tergantung kondisi dan gejala.

Bagamana kalau lupa atau tidak hapal? Dilansir dari Wahana Honda, berikut tanda-tadan CVT motor matik harus diservis:

- Getaran saat akselerasi

- Tarikan terasa berat atau tersendat

- Suara dengung atau gesekan aneh

- RPM naik tinggi tapi kendaraan tidak responsif

- Transmisi terasa slip

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Motor
1 tahun lalu

Penyebab Motor Susah Dihidupkan, Jangan Panik Cek Komponen Ini

Motor
2 tahun lalu

Motor Sulit Dihidupkan, Kenali 8 Tanda Pengapian Bermasalah

Motor
3 tahun lalu

5 Penyebab Sepeda Motor Susah Dinyalakan, Jangan Panik Periksa Bagian Ini

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal