Bus ini juga tak memiliki masalah dalam beroperasi karena ATEG sangat fleksibel, dengan radius putarnya dibuat sama dengan bus berpenumpang 40 orang. Selain itu, roda depan pada bagian kedua bus ini dapat berbelok sehingga memudahkannya dalam bermanuver.
Teknologi AutoTram didasarkan pada konsep kendaraan yang dikembangkan oleh Fraunhofer IVI, menggabungkan keunggulan sistem transportasi rel dan jalan raya. Selama ini, konsep tersebut hanya digunakan untuk tujuan penelitian.
Kendaraan angkutan umum yang inovatif telah dikembangkan dalam penelitian bersama dengan Institute of Electrical Power Engineering, TU Dresden, dan Wittur Electric Drive GmbH.
Mereka adalah peneliti yang bertanggung jawab untuk mengembangkan mesin penggerak efisien tinggi, serta gerakan M&P berbasis Dresden, control and power electronic GmbH yang berkontribusi pada daya elektronika, kendaraan, dan kapasitor super.
Jadi, bus ini digerakkan sepenuhnya dengan tenaga listrik, dan menggunakan motor penggerak. Untuk efisiensi, saat dilakukan pengereman, energi panas yang timbul akan diubah menjadi listrik.
Namun, bus jenis ini masih memerlukan banyak pengujian di jalan raya. Pasalnya, di London, Inggris, bus dengan rangkaian yang panjang telah dilarang sejak 2009 silam, akibat bertanggung jawab atas banyaknya insiden.