Ganda putri Indonesia, Lanny Tria Mayasari/Nita Violina Marwah akan beraksi di Piala Uber 2022. (Foto: Twitter/@INABadminton)
Andhika Khoirul Huda

JAKARTA, iNews.id – Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky memasang target tinggi di Piala Uber 2022. Dia berharap tim putri bulu tangkis Indonesia bisa melangkah ke semifinal.

Sebagaimana diketahui, ajang Piala Uber 2022, yang berlangsung pada 8-15 Mei di Vietnam nyaris berbarengan dengan SEA Games 2021, yang digelar pada 12-23 Mei di Thailand. Karena itu, Tim Merah-Putih memutuskan membagi pemain ke kedua turnamen tersebut.

Untuk skuad SEA Games 2021, diisi oleh para pemain yang lebih senior, seperti Apriyani Rahayu dan Gregoria Mariska Tunjung. Namun, dari 10 penggawa yang dibawa juga dilengkapi sejumlah pemain muda, salah satunya Putri Kusuma Wardani. Sementara untuk Piala Uber 2022, dari 12 nama yang didaftarkan semuanya murni pemain muda.

Mereka adalah Komang Ayu Cahya Dewi, Aisyah Sativa Fatetani, Bilqis Prasista, Tasya Farahnailah, Siti Sarah Azzahra, Nita Violina Marwah,Febriana Dwipujji Kusuma. Lalu, ada pula Jesita Putri Miantoro, Lanny Tria Mayasari, Tryola Nadia dan Melani Mamahit.

Kendati diisi oleh para pemain muda, Rionny berekspektasi tinggi dengan hasil yang mereka dapatkan di Piala Uber 2022 nanti. Dia yakin skuad Srikandi Muda bisa menembus semifinal turnamen bulu tangkis beregu wanita tertinggi di dunia itu.

“Kalau saya lihat berdasarkan kekuatan mereka, saya harapkan tim Uber bisa masuk semifinal. Dan setelah semifinal itu kan baru bisa dibaca, oh mereka bisa tembus ke final atau tidak,” kata Rionny kepada awak media saat ditemui di Pelatnas Cipayung, Jakarta, Selasa (19/4/2022).

Target yang dipasang oleh Rionny itu bukannya tanpa alasan. Sebab, Rionny menilai bahwa Nita Violina Marwah dan kolega sudah mampu mengimbangi tim utama Piala Uber yang pada tahun lalu hanya mampu mencapai perempat final saja.

“Ya, kebetulan yang muda masuk ke Piala Uber, ini kesempatan bagi mereka. Dari latihan juga saya lihat mereka udh mampu, semoga jangan terbeban,” jelasnya.

“Kalau bisa buat kejutan. Saya percaya dengan kemampuan dari latihan, karena saat latihan kemampuan mereka sama rata dengan tim utama. Latihannya udah bagus, saya rasa mereka udah siap,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada Piala Uber 2022 nanti Indonesia tergabung di Grup A bersama salah satu tim kuat, yakni Jepang. Namun, dua tim lainnya berasal dari Eropa, yaitu Prancis dan Jerman, sehingga jika dilihat dari kualitas pemain mereka, Tim Merah-Putih dinilai lebih unggul dan kemungkinan bisa lolos dari fase grup bersama Negeri Sakura. 



Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT