Conor McGregor (Foto: Bussines Insider)
Reynaldi Hermawan

LAS VEGAS, iNews.id - UFC merupakan olahraga yang lagi naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Peraturan yang ekstrem menjadi daya tarik sendiri untuk para pecinta seni bela diri campuran (MMA).

Tak jarang seorang petarung bisa bikin KO lawannya dalam hitungan detik. Setidaknya ada lima fighter aktif yang patut mendapat julukan petarung brutal karena bisa bikin lawannya terkapar dalam sekejap.

Siapa saja mereka? Berikut ulasan selengkapnya seperti yang sudah dirangkum tim iNews.id, Selasa (16/2/2021):

1. Khamzat Chimaev

Khamzat Chimaev (Foto: essentiallysports)

Petarung Rusia satu ini disebut-sebut sebagai titisan Khabib Nurmagomedov. Chimaev termasuk baru di panggung UFC.

Dia sejauh ini baru melakoni tiga pertarungan. Tapi namanya langsung jadi buah bibir. Kok bisa?

Bagaimana tidak, Chimaev melakoni tiga duel tersebut dalam waktu yang berdekatan. Rinciannya yakni melawan John Phillips (16 Juli 2020), Rhys McKee (26 Juli 2020) dan Gerald Meerschaert (19 September 2020).

Hebatnya dia berhasil memenangkan ketiga laga tersebut. Dua yang terakhir lewat KO. Bahkan Chimaev hanya butuh waktu 17 detik di ronde pertama untuk bikin Meerschaert terkapar.

2. Donald Cerrone

Foto: USA Today

Cerrone juga termasuk petarung brutal yang masih menghiasi panggung UFC saat ini. Atlat yang dijuluki Si Koboy itu tercatat sudah 10 kali bikin lawan keok melalui KO.

Dia adalah atlet ketiga sepanjang sejarah UFC yang bisa mengukir jumlah tersebut selain Michael Bisping dan Chuck Liddell. Saat rekor masih dipegang Vitor Belfort (12 kali).

Rekor KO tercepat Cerrone adalah saat melawan Melvin Guillard pada 2012 silam. Kala itu Si Koboy menundukkan sang lawan di ronde pertama dalam waktu 1 menit dan 16 detik.

3. Jorge Masvidal

Jorge Masvidal (Foto: MMA Mania)

Pecinta MMA sejati tentu sudah tidak asing dengan rekor petarung satu ini. Masvidal sampai saat ini masih memegang rekor sebagai petarung UFC dan MAA tercepat yang bisa bikin KO lawannya.

Rekor itu terukir pada 6 Juli 2019. Kala itu Masvidal menghadapi Ben Askren pada ajang UFC 239.

Dia menang di ronde pertama dalam waktu lima detik saja. Fantastis.

Masvidal melayangkan tendangan lutut yang mengenai dagu Askren dengan telak. Sang lawan langsung pingsan di oktagon.

4. Conor McGregor

Petarung UFC, Conor McGregor (Foto: Bussines Insider)

McGregor mungkin punya banyak haters. Tapi ketangguhannya di arena UFC patut diakui.

Musuh bebuyutan Khabib itu punya nyali baja untuk mengajak lawannya bermain terbuka. McGregor juga mengukir rekor sebagai petarung UFC tercepat yang bisa bikin KO lawannya saat perebutan titel.

Momen itu terukir saat perebutan sabuk kelas bulu pada ajang UFC 194. McGregor mengalahkan Jose Aldo di ronde pertama dalam waktu 13 detik.

Aldo bukan lawan sembarangan. Orang Brasil itu disebut-sebut sebagai salah satu petarung kelas bulu terhebat sepanjang masa. Bahkan dia sempat mendapat julukan Si Monster.

5. Kamaru Usman

Juara UFC kelas welter, Kamaru Usman (Foto: Globo)

Usman tak boleh dilewatkan. Atlet muslim yang dijuluki The Negerian Nightmare itu juga pantas disejajarkan dengan para petarung brutal.

Rekor tercepat Usman bikin KO lawan terukir pada September 2017. Dia mengalahkan Sergio Moraes di ronde pertama dalam waktu 2 menit dan 48 detik.

Sahabat Khabib itu juga baru bikin rekor akhir pekan lalu setelah mengalahkan Gilbert Burns dalam UFC 258. Itu merupakan kemenangannya yang ke-13 di kelas welter.

Jumlah tersebut membuatnya melewati rekor yang sebelumnya dipegang legendaris UFC, Georges St-Pierre. Kini Usman hanya kalah dari dari Anderson Silva (16 kemenangan).


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT