Cita-cita Kamaru Usman menghadapi legendaris UFC Georges Saint-Pierre (GSP) bertepuk sebelah tangan. Sebab sang legenda ogah kembali ke oktagon. (Foto: BJPENN)
Reynaldi Hermawan

LAS VEGAS, iNews.id - Cita-cita Kamaru Usman menghadapi legendaris UFC Georges Saint-Pierre (GSP) bertepuk sebelah tangan. Sebab sang legenda ogah kembali ke oktagon.

Usman baru saja mempertahankan sabuk kelas welter usai menang KO di ronde ketiga melawan Gilbert Burns pada UFC 258, Minggu (14/2/2021). Atlet muslim Nigeria itu mengatakan ingin menghadapi GSP setelah ini.

Tapi nyatanya GSP sama sekali tak tertarik. Ada dua hal yang bikin pria Kanada itu ogah kembali ke arena UFC.

Pertama dia ogah ribet melakukan pemusatan latihan di tengah pandemi Covid-19. Kemudian yang kedua GSP mengaku sudah kehilangan motivasi bertarung.

“Membayangkan tiga bulan hidup di kamp pelatihan untuk melawan Usman tidak membuat saya termotivasi. Saya rasa tidak ada yang akan membuat saya termotivasi untuk kembali berkompetisi sekarang. Pertama, saya harus meninggalkan negara saya untuk latihan di kamp, membawa pelatih ke suatu tempat, mencari base camp, terbang bersama mitra pelatihan untuk bersiap menghadapi Usman," kata GSP dikutip dari BJPENN, Selasa (16/2/2021).

"Tetapi meninggalkan rumah, saya tidak ingin melakukannya. Saya sehat, saya kaya. Tidak menarik bagi saya untuk kehilangan tiga bulan hidup saya, stres demi mencoba menang lawan Usman. Saya tidak berpikir ada orang yang akan membuat saya kembali ke UFC. Saya baik-baik saja. Saya akan selalu berlatih dan menjadi bugar," ujarnya.

Bukan cuma Usman yang ngebet melawannya. Juara kelas ringan Khabib Nurmagomedov juga punya niatan serupa sebelum pensiun. Namun GSP tetap pada pendiriannya.

“Sepertinya orang ingin melihat saya memakai tameng saya. Apakah tahun-tahun terbaik saya sudah lewat? Bisa jadi. Sekarang saya berkata pada diri sendiri tidak ingin bertarung jika masa keemasan saya sudah lewat. Pengalaman Anda tumbuh tetapi kekuatan fisik berkurang. Umur saya 39, sebentar lagi 40," tuturnya.

"Saya harus selalu termotivasi untuk melakukan sesuati. Tapi saat ini saya tidak memiliki motivasi yang sama. Bertarung tidak menarik bagi saya. Saya adalah penggemar berat UFC. Saya suka menonton pertarungan. Tapi kalau bertarung rasanya tidak," ucapnya.

GSP merupakan petarung yang disegani di dunia MMA. Rekor kemenangannya saat ini 26-2. Dia memutuskan pensiun pada 2017 lalu setelah mengalahkan Michael Bisping.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT