Ganda campuran Jepang Yuta Watanabe sebut atlet Indonesia berotak jenius. Bagi dia sosok tersebut sangat mahir di depan net. (Foto: BWF)
Reynaldi Hermawan

TOKYO, iNews.id - Ganda campuran Jepang Yuta Watanabe sebut atlet Indonesia berotak jenius. Bagi dia sosok tersebut sangat mahir di depan net.

Pebulutangkis yang dimaksud Yuta Watanabe adalah sang legenda, Liliyana Natsir. Dia dan pasangannya Arisa Higashino tiga kali menghadapi Butet/Tontowi Ahmad di berbagai ajang.

Dari saitu Yuta Watanabe menjadi pengagum permainan Liliyana. Sebab perempuan asal Manado itu sangat jago memainkan bola-bola netting yang bikin lawan kewalahan.

"Bagi saya Liliyana itu adalah seorang yang sangat pandai," kata Yuta Watanabe dikutip dari Youtube PB Djarum, Sabtu (30/10/2021).

"Dia mahir ketika berada di depan net," ujarnya.

Sepanjang kariernya Watanabe/Higashino tiga kali bertemu Tontowi/Liliyana dan memenangkan dua di antaranya. Mereka unggul head to head 2-1.

Yuta Watanabe mengaku sangat menyesal tidak bisa bermain lebih banyak lagi melawan Liliyana yang pensiun pada 2019 setelah Indonesia Masters.

Dia dan Higashino juga super jengkel karena gagal bertemu dengan Liliyana di laga terakhir sang legenda sebelum gantung raket yakni final Indonesia Masters 2019.

Mereka tersingkir di semifinal akibat dikalahkan Zheng Siwei/Huang Yaqiong (China). Sementara pasangan Owi/Butet melaju ke final. 

"Sejak pertama tampil pada Indonesia Masters, kami memang ingin bertemu Tontowi/Liliyana di final," tuturnya.

"Tidak bisa bertemu Tontowi/Liliyana di final rasanya kesal sekali karena ini pertandingan terakhir Liliyana. Sebenarnya kami bisa," ujarnya.

Bagi Yuta Watanabe sosok Liliyana begitu luar biasa. Sebab Butet yang menginspirasinya untuk bekerja keras di dunia tepok bulu.

"Ketika saya pertama kali bertanding, saya pikir apakah ada orang yang hebat? Namun setelah kalah dan tak berada di puncak saya mulai bertahan, berlatih dan beradaptasi," kata dia.

"Semua itu berkat dia, yaitu Liliyana."


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT