Tunggal putra Denmark Viktor Axelsen juara Kejuaraan Dunia 2022 usai melibas wakil Thailand, Kunlavut Vitidsarn, 21-5 dan 21-16 pada final di Tokyo Metropolitan (Foto: BWF)
Andika Rachmansyah

TOKYO, iNews.id – Tunggal putra Denmark Viktor Axelsen juara Kejuaraan Dunia 2022 usai melibas wakil Thailand, Kunlavut Vitidsarn, 21-5 dan 21-16 pada final di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Minggu (28/8/2022) sore WIB. Ini kedua kalinya dia berhasil juara.

Kemenangan ini membuat Axelsen meraih gelar juara dunia untuk yang kedua kalinya setelah 2017. Kala itu dia juara setelah mengalahkan Lin Dan di final.

Jalannya Pertandingan

Axelsen langsung bermain agresif. Serangan demi serangan dilakukan pemain nomor satu dunia itu ke pertahanan Vitidsarn.

Terlihat, rising star asal Thailand itu cukup kerepotan menahan laju serangan raja bulu tangkis dunia tersebut. Hasilnya, Axelsen pun unggul jauh di interval pertama dengan skor 11-4.

Selepas interval, Axelsen semakin menjadi-jadi. Pemain asal Denmark itu berhasil memperlebar keunggulannya dari Vitidsarn dengan skor 16-4. Tentu saja ini bukanlah kondisi yang bagus bagi pemain Thailand.

Vitidsarn benar-benar dibuat tak berkutik oleh raja sektor tunggal putra. Axelsen menang telak di gim pertama dengan skor 21-15 hanya dalam durasi 19 menit saja.

Pada gim kedua, pertandingan agak berlangsung sengit. Pasalnya, Vitidsarn mula mendapatkan ritme permainannya dan mampu menembus pertahanan yang dimiliki Axelsen. Skor pun sempat imbang 6-6.

Kejar-kejaran angka terus terjadi sebelum interval. Akan tetapi pada akhirnya Vitidsarn berhasil ungguli Axelsen di interval pertama dengan skor tipis 11-10. Selepas interval, pemain asal Denmark itu mengamuk dan membalikkan kedudukan menjadi unggul 15-12.

Vitidsarn masih berupaya untuk meredam serangan lawannya. Perlahan dia mampu memperkecil ketertinggalannya. Namun usaha dia harus sirna karena Axelsen menutup pertandingan dengan kemenangan 21-16.



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT