Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo juara MotoGP Portugal 2022, Minggu (24/4/2022) malam WIB. REUTERS/Pedro Nunes)
Andhika Khoirul Huda

PORTIMAO, iNews.id - Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo juara MotoGP Portugal 2022, Minggu (24/4/2022) malam WIB. Sementara Marc Marquez (Repsol Honda) finis di tempat keenam. 

Melaju di Sirkuit Algerve, Joan Mir, yang start dari posisi dua langsung melesat ke posisi terdepan begitu balapan dimulai. Dia diikuti oleh Fabio Quartararo dan juga Jack Miller di posisi dua dan tiga.

Di sisi lain, Marc Marquez, yang memulainya dari tempat kesembilan turun ke posisi 11 setelah satu lap berjalan. Namun sang adik, Alex Marquez, berada di posisi keempat.

Setelah memimpin selama tiga lap awal, Mir akhirnya kehilangan posisi terdepan. Dia disalip di trek lurus garis start oleh El Diablo -julukan Quartararo yang sangat cepat bersama M1 2022-nya.

Lima lap balapan berjalan, Quartararo semakin menjauh dari kejaran Mir. Kini dia memimpin dengan selisih 1,303 detik dari pembalap Suzuki Ecstar itu.

Lalu, di posisi ketiga dan keempat ada Johann Zarco dan juga Jack Miller serta Alex Marquez yang melengkapi posisi lima besar. Sementara itu, terjadi pertarungan sengit antara The Baby Alien -julukan Marc Marquez- dengan rekan setimnya, Pol Espargaro, di posisi sembilan dan 10.

Nasib sial dialami sang pemuncak klasemen, Enea Bastianini pada lap kesembilan. Dia terjatuh ketika menikung di Tikungan 8 dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Lalu, El Diablo semakin perkasa di posisi terdepan saat balapan tersisa 14 lap. Pembalap asal Prancis itu berjarak 3,3 detik dari Mir, yang masih mengejar di posisi kedua dan ditempel oleh Zarco.

Di sisi lain, pertarungan sengit juga terjadi untuk memperebutkan posisi lima. Aleix Espargaro dan Alex Rins saling salip menyalip bersama Miguel Oliveira.

Sepuluh lap menjelang finis, Zarco sukses menyalip Mir di trek lurus garis start untuk naik ke posisi dua. Sayangnya, dia melebar di Tikungan 1 sehingga Mir kembali ke tempat kedua dan Miller pun mendekati pembalap Pramac Ducati itu.

Sedangkan Quartararo sangat tenang berada di posisi terdepan. Dia semakin jauh dengan selisih 4,5 detik dari Mir.

Sementara itu, Marc Marquez belum beranjak dari urutan kesembilan. Dia terus berusaha mengejar Alex Marquez yang berada di depannya.

Saat balapan tersisa tujuh lap, Miller terjatuh di Tikungan 1 ketika berusaha menyalip Mir untuk memperebutkan posisi tiga. Akibatnya Mir yang berada persis disampingnya ikut terjatuh dan nampak sangat kesal dengan pembalap Lenovo Ducati itu.

Kondisi tersebut, membuat Aleix Espargaro otomatis naik ke urutan ketiga di belakang Quartararo dan Zarco. Lalu, di tempat keempat dan kelima ada Rins dan juga Oliveira.

Dominasi El Diablo pun tak terhentikan lagi hingga balapan selesai. Dia berhasil menjadi pemenang dengan selisih 5,623 detik dari Zarco yang finis di tempat kedua diikuti oleh Aleix Espargaro.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT