Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis tunggal putra India Lakshya Sen dalam pertandingan babak final Piala Thomas 2022. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Andika Rachmansyah

BANGKOK, iNews.id - Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting kalah 21-8, 17-21, 16-21 dari wakil India Lakshya Sen pada final Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Minggu (15/5/2022) siang WIB. Kontingen Merah Putih tertinggal 0-1.

Pertandingan berlangsung cukup ketat sejak fase awal laga. Ginting dan Sen saling jual beli serangan sehingga membuat kejar-kejaran poin tersaji.

Kedudukan sempat sama 6-6 akan tetapi Ginting berhasil keluar dari tekanan tersebut. Dengan konsistensinya, pemain kelahiran Cimahi itu sukses ungguli Sen pada interval pertama dengan skor 11-7. Setelah interval, Ginting berhasil cetak lima angka beruntun yang membuatnya unggul 16-7 atas Sen.

Unggul dengan jarak yang cukup jauh membuatnya semakin nyaman dan lebih percaya diri dalam melakukan variasi serangan. Hingga akhirnya, Ginting berhasil menumbangkan Sen dengan skor cukup telak 21-8 di gim yang pertama.

Pada gim kedua, kali ini Sen mampu memberi perlawanan kepada Ginting dan unggul 8-5. Rally panjang sebanyak 46 pukulan juga tersaji di gim kedua ini. Pada akhirnya, Ginting harus tertinggal di interval kedua dengan skor 7-11.

Selepas interval, Ginting bukan tanpa perlawanan. Serangan demi serangan coba dia lancarkan sehingga mampu memperkecil kedudukan menjadi 15-17. Akan tetapi, Sen juga tidak mau kalah dan menutup gim kedua dengan kemenangan 21-17 atas Ginting.

Di gim ketiga, Ginting bermain dengan cukup baik. Pemain nomor lima dunia itu mampu mengembalikan serangan yang dilakukan Sen dengan sangat apik. Alhasil, Ginting pun unggul pada interval dengan skor 11-7.

Selepas interval, Sen mulai terus mengejar ketertinggalannya dan bahkan mampu membalikan keadaan menjadi 15-13. Situasi seperti ini tentu sangat tidak bagus untuk Indonesia mengingat Ginting sudah unggul cukup jauh.

Pemain muda India itu secara mengejutkan mampu mencetak angka terus menerus. Hasilnya, Ginting harus mengakui ketangguhan Sen karena kalah di gim ketiga dengan skor 16-21.



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT