Cinta Segitiga Zhang Nan, Zhao Yunlei, dan Tian Qing (Foto: ECNS)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Kisah cinta segitiga yang pernah ada di tim bulu tangkis menarik untuk dikulik kembali. Kisah cinta tersebut melibatkan pasangan ganda campuran China, Zhang Nan dan Zhao Yunlei.

Mereka adalah salah satu pasangan campuran terbaik yang pernah beberapa kali mengharumkan Tiongkok di dunia tepok bulu. Berawal dari lapangan, siapa sangka bahwa ada cinta bersemi di antara keduanya.

Sayangnya, hubungan kasih mereka tak berakhir manis. Hal itu dikarenakan adanya dugaan skandal cinta segitiga yang melibatkan sesama pebulutangkis wanita di tim nasional China, Tian Qing.

Seperti apa polemik asmara yang terjadi antara tiga pebulutangkis hebat asal China tersebut? Inilah kisahnya.

Cinta Segitiga Zhang Nan, Zhao Yunlei, dan Tian Qing

Zhang Nan dan Zhao Yunlei adalah pasangan ganda campuran Tiongkok yang telah banyak mengukir tinta emas. Mereka bisa dikatakan sebagai rival dari pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

Zhang Nan/Zhao Yunlei bahkan kerap mengalahkan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di berbagai turnamen sepanjang tahun 2010-2016. 

Dilansir dari media China, MinNews pada Jumat (23/9/2022), Zhang Nan/Zhao Yunlei sejatinya telah bermitra sejak tahun 2009. Mereka dikenal sebagai salah satu pasangan ganda campuran terbaik dunia dan mulai disoroti publik pada Japan Open 2010. 

Zhang Nan kedapatan mencium Zhao dengan penuh kebahagiaan setelah berhasil mengalahkan kompatriotnya, Tao Jiaming/Tian Qing, dan merebut gelar juara kompetisi tersebut.

Setelah laga sensasional tersebut, keduanya akhirnya baru mempublikasikan hubungan mereka pada 2011. Sebagai pasangan di lapangan dan di luar lapangan, Zhang Nan dan Zhao saling memberikan dukungan satu sama lain. 

Meski sebagai sepasang kekasih, mereka tetap profesional sebagai atlet kelas elite. Hubungan keduanya semakin manis lantaran kian menjadi pasangan ganda campuran hampir tidak pernah terkalahkan di lapangan. 

Selama dipasangkan membawa nama Tiongkok, Zhang/Zhao berhasil menjadi Juara Dunia pada 2011, 2014, dan 2015. Prestasi tersebut semakin lengkap karena keduanya juga meraih medali emas Olimpiade London 2012 dan Asian Games 2014. 

Setelah enam tahun berpacaran, hubungan Zhang dan Zhao dikabarkan retak dan diterpa isu perselingkuhan. Zhang Nan dikabarkan bermain hati dan menjalin kedekatan dengan rekan Zhao di nomor ganda putri, Tian Qing. 

Kabar tak membahagiakan itu seketika membuat performa Zhang dan Zhao di lapangan mulai menurun.

Saat dipasangkan dengan Tian di sektor ganda putri, Zhao terlihat sangat minim komunikasi. Padahal, pasangan ganda putri Zhao/Tian adalah peraih medali emas ganda putri pada Olimpiade London 2012.

Bahkan, Zhao menolak bermain lagi dengan Tian Qing di nomor ganda putri pada Olimpiade Rio 2016. Padahal, mereka berada di peringkat keempat saat race to Rio. 

Hal itu semakin menguatkan kabar bahwa mereka memang terlibat cinta segitiga yang rumit menyedihkan di luar lapangan. Di sisi lain, Zhang Nan berhasil meraih emas di sektor ganda putra Olimpiade Rio 2016 bersama Fu Haifeng.

Tak lama setelah Zhang Nan/Fu Haifeng memboyong medali emas di Olimpiade Rio 2016, Zhao Yunlei membuat kabar heboh lewat unggahan di laman media sosialnya dan mengaku bahwa dirinya telah putus dari Zhang Nan sejak sebelum Olimpiade Rio.

"Zhao Yunlei tidak dapat membayangkan bahwa yang satu adalah kekasih yang dicintainya selama 6 tahun (Zhang) dan yang lainnya adalah pasangan sekaligus sahabat selama bertahun-tahun (Tian Qing)."

"Rasa penghianatan ganda bisa dibayangkan. Enam tahun berbagi suka dan duka, lebih dari selusin medali emas, tidak dapat menahan godaan sementara." tulis Min News.

Setelah itu, Zhao Yunlei memutuskan untuk pensiun dari dunia bulu tangkis. Ia secara mengejutkan akhirnya mengumumkan pernikahan dengan mantan rekan sesama pebulutangkis di tim nasional Tiongkok, Hong Wei, pada tanggal 1 Juni 2018.

Di sisi lain, gosip cinta segitiga dan perselingkuhan yang tidak pernah dikonfirmasi secara langsung oleh Zhang Nan dan Tian Qing akhirnya terjawab. Keduanya menyusul memberikan kabar pernikahan mereka pada bulan Desember 2018.

Zhang Nan sampai saat ini masih berkarier sebagai pebulutangkis andalan China. Sementara Tian Qing memang telah resmi mengundurkan diri dari timnas Tiongkok sejak tahun 2016.  

Itulah cinta segitiga yang pernah ada di tim bulu tangkis China yang sempat menjadi sorotan dunia. Kini, masing-masing telah bahagia dengan keluarga dan jalan hidupnya sendiri.


Editor : Komaruddin Bagja

BERITA TERKAIT