Profil biodata Marc Marquez sebagai salah satu pembalap papan atas MotoGP menarik untuk dibahas. Sebab dia menyimpan kenangan buruk di Indonesia. (Foto: MPI)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Profil biodata Marc Marquez sebagai salah satu pembalap papan atas MotoGP menarik untuk dibahas. Sebab dia menyimpan kenangan buruk di Indonesia.

Rider berjuluk The Baby Alien itu gagal tampil di seri MotoGP Mandalika 2022. Dia mengalami kecelakaan fatal di sesi pemanasan.

Menilik ke belakang, Marquez kesulitan menaklukan Sirkuit Mandalika dengan motor RC213V. Dia terjatuh berkali-kali di series itu.

Pertama Marquez terjatuh sesi latihan bebas. Dia kembali tersungkur ketika melakoni kualifikasi. Dan yang terparah, dia terlempar dalam sesi pemanasan jelang balapan.

Pembalap asal Cervera itu terpelanting dari motornya. Mental dan terbanting keras di aspal hingga membuatnya gagal balapan di Mandalika karena masalah kesehatan.

"Tapi memang benar GP Indonesia adalah salah satu Grand Prix terburuk dalam karir saya karena saya sering jatuh," kata Marquez dikutip dari Speed Week, Jumat (8/4/2022).

Profil Biodata Marc Marquez

Nama Lengkap: Marc Marquez Alenta

Tempat Lahir: Cervera, Spanyol

Tanggal Lahir: 17 Februari 1993

Tinggi Badan: 169 cm

Berat Badan: 65 kg

Nomor Motor: 93

Tim: Repsol Honda Team

Instagram: @marcmarquez93

Julukan: The Baby Alien

Perjalanan Karier Marc Marquez

Marc Marquez sudah akrab dengan olahraga otomotif sejak usianya masih belia. Saat umur 6 tahun, dia bahkan sudah berkompetisi di Balap Enduro Spanyol kelas junior dengan moto 50cc.

Dia kemudian melanjutkan ke kontes Catalan Motocross dan Enduro Championships pada thn 1999. Kemudian Marquez menjadi runner-up di Catalan Motocross Championship tahun 2000. Dan pada 2001, fans Barcelona itu menjadi juara di Kejuaraan Catalan Speed 2002.

Pada tahun 2004, Marc Marquez sudah naik ke kelas 125 cc di ajang Catalan Speed Championship. Dia bahkan finis kedua di ajang kompetisi tersebut. Kesuksesan yang sama dia raih pada tahun 2005-2006 berturut-turut

Tampil Jadi Pembalap Profesional.

Marc Marquez mengawali karier profesional dengan melakukan debut di kejuaraan GP Spanyol tahun 2008 setelah dia bergabung dengan Repsol Honda di kelas 125cc. Saat itu, usia Marc Marquez masih 15 tahun.

Meski masih muda, Marc Marquez mampu memberi bukti dengan mencatat satu podium dari 13 balapan yang diikuti. Dia berhasil mendapatkan podium pertamanya di GP Inggris.

Puncak prestasinya terjadi pada tahun 2010 di mana Marc Marquez berhasil menjadi juara dunia berkat torehan 10 kemenangan dan 12 podium dari 17 balapan di kelas 125cc.

Pada musim 2011 hingga 2012, Marc Marquez naik di kelas Moto2 sebagai pembalap tunggal dari tim Monlau Competition. Namun menjelang seri terakhir Marc Marquez mengalami kecelakaan yang mengakibatkan dia menderita gangguan penglihatan bernama diplopia dan membuatnya gagal juara Moto2 2011.

Namun pada 2012, Marc Marquez bangkit kembali dan tidak tanggung-tanggung berhasil menyabet gelar juara dunia Moto2 2012.

Berkat prestasinya di Moto2 tersebut, Marc Marquez lalu bergabung di kelas tertinggi Grand Prix, MotoGP ketika usianya masih 20 tahun. 

Seiring dengan pensiunnya Casey Stoner, Marc Marquez semakin mendapat tempat bersama Repsol Honda. The Baby Alien langsung menjadi juara dunia pada tahun pertamanya di MotoGP 2012.

Marc Marquez lalu mendominasi ajang MotoGP dengan merebut enam gelar juara dunia pada rentang tahun 2013 hingga 2019. Dominasinya terputus karena  cedera patah tulang humerus yang dideritanya pada Juli 2020.

Cedera tersebut sempat menimbulkan isu bahwa Marquez Marquez akan pensiun. Namun, dia ternyata kembali pada MotoGP 2021 dan berhasil meraih 3 kemenangan dan menutup musim di posisi ke-7 klasemen akhir.

Pada MotoGP 2022, Marc Marquez akan kembali mencoba tajinya. Bisakah The Baby Alien meraih juara dunia MotoGP ketujuh?


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT