Ada 7 fakta Real Madrid juara Liga Champions 2021/2022 yang menarik untuk diulas. Salah satunya menyangkut kampung halaman para penyerang Los Blancos. (Foto: REUTERS/Lee Smith)
Reynaldi Hermawan

PARIS, iNews.id - Ada 7 fakta Real Madrid juara Liga Champions 2021/2022 yang menarik untuk diulas. Salah satunya menyangkut kampung halaman para penyerang Los Blancos.

Real Madrid juara Liga Champions ke-14 kalinya setelah mengalahkan Liverpool 1-0 pada final di Stade de France, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB. Gol semata wayang dicetak Vinicius Junior pada menit ke-59.

Ada sederet fakta menarik yang mengiringi kesuksesan raksasa Eropa itu. Apa saja?

Berikut 7 fakta Real Madrid juara Liga Champions:

1. Thibaut Courtois si Tembok Real Madrid 

Fakta yang pertama mengenai penjaga gawang Real Madrid, Thibaut Courtois. Dia menjadi salah satu pemain yang berhasil mencetak rekor di ajang final Liga Champions 2021/2022.

Pesepak bola asal Belgia itu kini menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak di partai final Liga Champions sejak musim 2003/2004. Courtois jatuh bangun menjaga gawangnya bersih dari kebobolan.

Aksi Courtois diawali dengan penyelamatannya pada menit 16. Kala itu dirinya menggagalkan tembakan Mohamed Salah.

Berkat aksinya itu, Courtois berhasil mencetak rekor baru. Dirinya menjadi penjaga gawang pertama yang berhasil membuat sembilan penyelamatan di partai final Liga Champions, terbanyak sejak musim 2003/2004.

2. Tangan Dingin Don Carlo

Entrenador Real Madrid Carlo Ancelotti mengukir catatan manis dalam kariernya. Juru taktik asal Italia itu menjadi pelatih dengan gelar terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions.

Ancelotti telah mengantongi empat trofi Si Kuping Besar. Selain gelar tahun ini, sebelumnya dia juga sudah membawa Real Madrid menjadi juara Liga Champions pada musim 2013/2014 lalu.

Dua gelar Liga Champions lainnya didapat pelatih berusia 62 tahun itu saat menukangi AC Milan. Tepatnya adalah pada musim 2002/2003 dan 2006/2007.

3. Karim Benzema Pemain Tersubur di Liga Champions 2021/2022

Karim Benzema sebenarnya sempat mencetak gol ke gawang Liverpool dini hari tadi. Namun sayang golnya dianulir wasit Clement Turpin karena offside.

Meski tidak mencetak gol, pecinta sepak bola pasti setuju Benzema merupakan pemain Real Madrid paling menonjol di Liga Champions musim 2021/2022. 

Benzema mendapatkan penghargaan top skor Liga Champions 2021/2022. Eks punggawa Olympique Lyon itu mencetak total 15 gol.

Pencapaian Benzema itu sangat spesial. Bagaimana tidak? Benzema berhasil menjadi top skor Liga Championas untuk kali pertama dalam karier sepak bolanya.

4. Magis Kampung Halaman Trio BBC

Real Madrid pernah punya trio mematikan yang dinamai BBC alias inisial nama Benzema, Bale dan Cristiano Ronaldo. Uniknya ketiga pemain tersebut juara Liga Champions bersama Los Blancos di kampung halaman masing-masing.

Pertama Cristiano Ronaldo yang membawa Real Madrid juara Liga Champions 2013/2014 di Lisbon, Portugal. Kala itu Los Blancos menghajar rival sekota Atletico Madrid di final.

Kemudian setelahnya Gareth Bale angkat trofi Si Kuping Besar pada 2016/2017 di Cardiff, Wales usai mengalahkan Juventus. Kini Karim Benzema juga turut merasakan juara Liga Champions di Prancis.

Real Madrid juara Liga Champions untuk ke-14 kalinya. Titel ini membuat sejumlah pemain Los Blancos mengoleksi Si Kuping Besar sama banyak dengan Barcelona. (Foto: REUTERS/Lee Smith)

5. 9 Pemain Real Madrid Bikin Barcelona Minder

Sembilan pemain Los Blancos mengoleksi trofi Si Kuping Besar sama banyak dengan Barcelona. Mereka adalah Karim Benzema, Gareth Bale, Dani Carvajal, Luka Modric, Toni Kroos, Nacho Fernandez, Casemiro, Marcelo, dan Isco Alarcon.

Kesembilan pemain tersebut resmi menyamai rekor Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang juara Liga Champions lima kali.

Lebih hebatnya lagi trofi Liga Champions mereka sama dengan yang didapat rival abadi Barcelona sepanjang sejarah. Bahkan koleksi kesembilan pemain tersebut lebih banyak dari klub-klub elite seperti Manchester United (3), Juventus (2), Chelsea (2), Inter Milan (3).

Suporter Liverpool kesulitan masuk stadion final Liga Champions (foto: Twitter @MarkOgden_)

6. Kick Off Pertandingan Sempat Ditunda

Pertandingan final dini hari tadi sedianya dimulai pada Minggu (29/5/2022) pukul 02.00 WIB, akan tetapi UEFA memutuskan untuk menundanya selama 15 menit. Hal itu disebabkan karena banyaknya supporter The Reds yang datang terlambat ke stadion.

Namun, sampai saat ini permasalahan tersebut masih belum teratasi. Hasilnya UEFA menambah durasi penundaan kick-off laga pamungkas itu menjadi 21 menit, yang berarti pertandingan akan dimulai pada pukul 02.36 WIB.

Dari informasi yang didapat dari berbagai media Inggris, para fans kubu Merseyside Merah tertahan di depan gerbang masuk karena sistem pra-penyaringan tidak berfungsi dengan baik dan banyaknya tiket palsu yang beredar. Kondisi tersebut membuat mereka tertahan hampir selama dua jam di luar stadion.

Bek kiri Real Madrid, Marcelo. (Foto: REUTERS)

7. Perpisahan Manis untuk Marcelo

Bek veteran Marcelo bakal meninggalkan Real Madrid musim depan. Perpisahannya menjadi sangat manis karena berhasil mempersembahkan trofi Liga Champions untuk Los Blancos.

Lebih spesialnya lagi Marcelo adalah orang pertama yang mengangkat Si Kuping Besar musim ini. Sejatinya Karim Benzema yang memakai ban kapten Real Madrid saat pertandingan berlangsung.

Tapi Karim Benzema menyerahkan ban kapten itu kepada Marcelo jelang angkat trofi. Respect.

Itu tadi 7 fakta Real Madrid juara Liga Champions 2021/2022. Selamat untuk Los Blancos!



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT