Piala Dunia 2022 akan digelar di Qatar pada akhir tahun ini. (Foto: REUTERS)
Quadiliba Al-Farabi

DOHA, iNews.id - Ajang Piala Dunia 2022 yang akan diselenggarakan di Qatar sudah memastikan 32 negara peserta. Selain negara langganan, ada juga tim-tim kejutan pada edisi ini.

Salah satu sejarah diciptakan tim-tim Asia atau AFC dengan memastikan enam wakilnya ke Piala Dunia. Negara-negara itu adalah Australia, Qatar, Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi.

Lebih hebatnya lagi, tim Asia menjadi wakil terbanyak kedua di Piala Dunia 2022 setelah Eropa yang mengirimkan 13 wakil. Keenam negara itu sudah mengetahui penempatan grup masing-masing di putaran final nanti.

Qatar selaku tuan rumah menempati grup A. Mereka akan menghadapi perlawanan sengit dari Ekuador, Senegal, dan Belanda. Kemudian Iran menempati grup B bersama Amerika Serikat, Wales, dan Amerika Serikat.

Lalu, Arab Saudi masuk ke grup C bersama Argentina, Meksiko, dan Polandia. Adapun Australia berada di grup D dengan Prancis, Denmark, dan Tunisia.

Jepang berada di grup E bersama Spanyol dan Jerman. Negara terakhir yang memastikan diri masuk ke grup ini adalah Kosta Rika yang baru saja menang atas Selandia Baru di kualifikasi Piala Dunia dengan skor 1-0.

Terdapat dua grup tanpa wakil Asia yakni Grup F yang diisi Belgia, Kanada, Maroko, dan Kroasia. Ada juga grup G yang diisi oleh Brasil, Serbia, Kamerun, dan tim kejutan Swiss.

Grup H sebagai yang terakhir diisi oleh Korea Selatan. Son Heung-min dkk bakal menghadapi Ghana, Uruguay, dan Portugal.

Daftar 32 Negara Lolos Piala Dunia 2022:

Grup A
Qatar 
Ekuador
Senegal 
Belanda 

Grup B
Iran 
Amerika Serikat
Wales 
Amerika Serikat

Grup C
Argentina 
Meksiko 
Polandia
Arab Saudi

Grup D
Prancis 
Denmark 
Tunisia
Australia

Grup E
Spanyol
Jerman
Jepang
Kosta Rika

Grup F
Belgia 
Kanada
Maroko
Kroasia

Grup G
Brasil
Serbia
Swiss
Kamerun

Grup H
Korea Selatan
Ghana
Uruguay
Portugal


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT