Winger Timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikri merayakan gol ke gawang Timor Leste bersama Irfan Jauhari pada laga Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Selasa (10/5/2022). (Foto: ANTARA)
Andhika Khoirul Huda

PHU THO, iNews.id – Bintang Timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikri, ditarik keluar oleh Shin Tae Yong setelah turun minum saat melawan Timor Leste pada laga kedua Grup A SEA Games 2021. Shin Tae Yong pun membeberkan alasannya menarik pemain FK Senica itu.

Bermain di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022) malam WIB, Tim Merah-Putih membombardir pertahanan Timor Leste sepanjang babak pertama. Egy pun berhasil membuka papan skor pada menit 15' lewat sontekannya saat berdiri di depan mulut gawang lawan.

Setelah itu, pemain berusia 21 tahun itu mendapatkan banyak sekali peluang matang untuk mencetak gol. Sayangnya, penyelesaian akhirnya kurang klinis sehingga skor 1-0 menutup 45 menit pertama.

Tampil apik pada paruh pertama laga, di luar dugaan Egy ditarik keluar saat babak kedua dimulai. Perannya digantikan oleh Saddil Ramdani yang mengisi pos sayap kanan.

Namun ternyata, Shin Tae Yong memang sengaja mengganti pemain kelahiran Medan itu meski baru bermain 45 menit untuk menyimpan tenaganya. Pasalnya, lawan selanjutnya yang dihadapi cukup berat, yakni sang pemuncak klasemen sementara, Filipina.

“Egy memang sengaja diganti di babak pertama untuk menyimpan tenaganya. Apalagi lawan selanjutnya adalah Filipina,” kata Shin dalam konferensi pers pasca laga, Selasa (10/5/2022).

Ya, tenaga Egy memang sangat dibutuhkan dalam laga kontra Filipina yang akan digelar pada Jumat (13/5/2022). Sebab, Indonesia wajib meraih kemenangan untuk tetap menjaga peluang lolos dari fase grup karena saat ini baru mengoleksi tiga poin dari dua pertandingan dan masih berada di posisi keempat.

Meski begitu, Ricky Kambuaya dan kolega hanya berselisih satu angka dari Filipina, yang ada di puncak klasemen. Karena itu, jika menang mereka bisa menyalip The Azkal –julukan Filipina, yang saat ini hanya unggul selisih gol dari Vietnam.

Pada laga melawan Timor Leste, meski Egy keluar, pasukan Garuda Muda justru mengamuk pada paruh kedua pertandingan. Mereka berhasil menorehkan tiga gol tambahan lewat Witan Sulaeman (52’ dan 76’) serta Fachruddin (58’), tetapi kecolongan satu gol dari Mouzinho pada menit 69'. 


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT