Mantan Direktur Teknik Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) bongkar borok timnas negaranya sejak lima tahun terakhir. (Foto: AFF)
Reynaldi Hermawan

PHNOM PENH, iNews.id - Mantan Direktur Teknik Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) bongkar borok timnas negaranya sejak lima tahun terakhir. Hal ini yang jadi penyebab dibantai Timnas Indonesia?

Semua berawal dari kekalahan Timnas Malaysia dari Laos pada matchday Grup B Piala AFF U-23 2022, Jumat (18/2/2022). Harimau Muda di luar dugaan tumbang 1-2.

Pengamat sepak bola Negeri Jiran berbondong-bondong menganalisis penyebab kekalahan tersebut. Salah satunya adalah Peter de Roo.

Publik Malaysia murka tim kesayangan mereka dihajar Laos 1-2 pada matchday Grup B Piala AFF U-23 2022, Jumat (18/2/2022) sore WIB. (Foto: Instagram/famalaysia)

Dia menilai pertahanan Malaysia sudah bermain baik lawan Laos. Tapi masalah utamanya adalah transisi yang buruk dari bertahan ke menyerang.

Hal tersebut yang sudah menghantui timnas Negeri Jiran sejak lima tahun belakangan. Peter de Roo mengungkapkan hal tersebut di Twitter saat berbagi pandangan dengan reporter The Star T. Avineshwaran setelah pertandingan lawan Laos.

"Pertahanan tidak pernah menjadi masalah selama lima tahun terakhir. Masalahnya saat menyerang dan transisi dari bertahan ke menyerang (penyerang kerap terisolasi),” komentar Peter de Roo di Twitter.

Media Malaysia Semuanya Bola mencermati pernyataan Peter de Roo. Mereka menilai masalah transisi yang disebutkan pria keturunan Belanda itu tidak hanya menghantui tim U-23.

Tetapi juga setiap kelompok umur termasuk timnas senior. Dengan kata lain masalah transisi ini pula yang menyebabkan Malaysia dibantai Indonesia 1-4 pada penyisihan grup Piala AFF 2020.

Kekalahan itu menimbulkan luka mendalam bagi publik Negeri Jiran. Sebab bukan hanya kalah telak dari musuh bebuyutan, tapi Timnas Malaysia juga tersingkir prematur dari Piala AFF 2020.

Winger Timnas Indonesia, Irfan Jaya dihadang bek Malaysia, Junior Eldstal dalam laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 di Stadion National, Minggu (19/12/2021). Irfan menjadi salah satu pemain subur di Piala AFF kali ini. (Foto: Instagram/@PSSI)

Kini Malaysia U-23 terancam bernasib serupa setelah dikalahkan Laos 1-2. Tim asuhan Brad Maloney itu bakal angkat koper jika tak mampu membalikkan defisit gol di pertemuan kedua yang berlangsung Senin (21/2/2022).

Laos memang menjadi lawan tunggal Malaysia di Piala AFF U-23 2022. Sebab dua negara anggota Grup B lainnya yaitu Myanmar dan Indonesia mundur karena diserang badai Covid-19.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT