Barcelona tumbang 0-2 dari Bayern Munchen pada matchday kedua Grup C Liga Champions di Allianz Arena, Rabu (14/9/2022) dini hari WIB. (Foto: REUTERS/Lukas Barth)
Quadiliba Al-Farabi

MUNICH, iNews.id - Barcelona tumbang 0-2 dari Bayern Munchen pada matchday kedua Grup C Liga Champions di Allianz Arena, Rabu (14/9/2022) dini hari WIB. Striker Blaugrana Robert Lewandowski gagal bertaji lawan sang mantan.

Sejak menit pertama, Bayern Munchen mengancam jantung pertahanan Barcelona terutama dari sisi sayap. Meski begitu, mereka belum sama sekali mengancam gawang tim tamu yang dikawal Marc Andre Ter Stegen.

Sebaliknya, Barcelona yang baru pertama kali melakukan serangan di menit ke-8 langsung membuat Manuel Neuer bekerja. Melalui serangan sayap yang dilakukan Raphinha, mengoper ke tengah diterima Lewandowski lalu diteruskan ke Pedri. Sayang tendangan mendatar pemain 19 tahun itu masih ditepis Neuer menggunakan kaki.

Lewandowski mendapat peluang pertamanya pada menit ke-16. Berawal umpan dari Gavi, Lewandowski yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Neuer, tendangannya hanya melambung tinggi.

Bintang Polandia itu kembali menciptakan peluang bebahaya di menit 21. Kali ini melalui sundulan tanpa pengawalan setelah diumpan oleh Marcos Alonso. Peluang ini masih bisa ditepis Manuel Neuer.

Kedua tim secara bergantian mengurung setengah lapangan pertahanan lawannya masing-masing. Namun tak ada satu pun yang bisa membuat kiper kerepotan. Tidak ada gol di babak pertama.

Barcelona langsung mengejutkan pertahanan Bayern Munchen di babak kedua. Raphinha melepaskan tendangan kencang dari luar kotak penalti. Sayang percobaannya itu masuh melebar di kiri gawang Neuer.

Empat menit kemudian giliran Bayern Munchen melalui Leon Goretzka yang menciptakan peluang lewat tendangan luar kotak penalti. Namun tendangan kerasnya itu bisa ditepis Ter Stegen ke luar lapangan.

Tendangan sudut untuk Bayern Munchen dilakukan oleh Joshua Kimmich. Lucas Hernandez yang lepas dari pengawalan berhasil menyundul umpanannya untuk dikonversikan menjadi gol. Skor 1-0 untuk tuan rumah di menit ke-50.

Baru berjalan empat menit dari gol pertama, Munich mampu menggandakan keunggulan. Kali ini melalui Leroy Sane yang melakukan solo run membelah area tengah pertahanan Barcelona. Skor 2-0.

Barcelona perlahan-lahan menciptakan peluang demi membalikkan keadaan. Satu yang terbaik diciptakan Pedri yang hanya berhadapan satu lawan satu dengan Neuer. Tapi tendangan chipnya masih membentur tiang gawang.

Barcelona beberapa kali mendapatkan kesempatan di dalam kotak penalti. Namun mereka terus kesulitan untuk melepaskan tendangan ke arah gawang. Skor 2-0 bertahan hingga akhir.

Susunan Pemain

BAYERN MUNCHEN (4-2-3-1): Manuel Neuer; Benjamin Pavard, Dayot Upamecano, Lucas Hernandez, Alphonso Davies; Joshua Kimmich, Marcel Sabitzer; Leroy Sane, Thomas Muller, Jamal Musiala; Sadio Mane

Cadangan: Sven Ulreich, Matthijs De Ligt, Serge Gnabry, Leon Goretzka, Eric Maxim Choupo-Moting, Ryan Gravenberch, Mathys Tel, Noussair Mazraoui, Josip Stanisic

Pelatih: Julian Nagelsmann

BARCELONA (4-3-3): Marc-Andre Ter Stegen; Jules Kounde, Ronald Araujo, Andreas Christensen, Marcos Alonso; Pablo Gavi, Sergio Busquets, Pedri; Raphinha, Robert Lewandowski, Ousmane Dembele

Cadangan: Inaki Pena, Arnau Tenas, Hector Bellerin, Gerard Pique, Ansu Fati, Ferran Torres, Memphis Depay, Jordi Alba, Franck Kessie, Frenkie De Jong, Eric Garcia, Alejandro Balde

Pelatih: Xavi Hernandez


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT