Legenda sepak bola Malaysia, Lim Teong Kim. Dia pernah melatih Thomas Muller di tim muda Bayern Munchen. (Foto: Instagram/@NewsBFM)
maulana yusuf

JAKARTA, iNews.id - Penyerang Bayern Munchen, Thomas Muller memiliki sejumlah sosok berjasa di karier sepak bolanya. Salah satunya ialah legenda Malaysia, Lim Teong Kim.

Pencinta sepak bola pastinya tahu siapa itu Thomas Muller. Dia adalah bintang Timnas Jerman dan Bayern Munchen dalam satu dekade terakhir.

Muller mungkin tidak bisa disamakan dengan Lionel Messi yang dilahirkan penuh bakat. Namun, sosok kelahiran 13 September 1989 itu dikenal akan etos kerjanya saat dipercaya tampil di lapangan pertandingan. Lantas, siapakah penemu bakat Muller?

Rupanya sosok itu ialah Lim Teong Kim. Menjadi catatan menarik, karena sosok legenda sepak bola ini bukanlah orang Jerman, melainkan Malaysia.

"Ternyata, beliau adalah sosok penemu bakat dari Thomas Müller ketika belia. Salut, Mr. Lim Teong Kim," bunyi pernyataan salah satu akun Twitter asal Malaysia, @registaco, dilansir pada Rabu (31/8/2022).

Perlu diketahui, menurut laporan Transfermarkt, Lim Teong Kim pernah menjadi asisten pelatih Bayern Munchen U-19 pada Juli 2000 hingga Juni 2012. Selama menjadi bagian dari tim pelatih Bayern Munchen U-19, Lim Teong Kim pun menjadi sosok penemu bakat Thomas Muller.

Pada 2010 lalu, Lim Teong Kim mengaku menjadi saksi kehebatan Muller muda. Dia menilai Muller sudah bekerja keras sampai titik kesuksesan di level klub.

"Saya bekerja dengan Muller ketika saya melatih Bayern U-13 dan U-14," ucap Teong Kim dikutip dari NST Sport.

"Muller bukan pemain yang berbakat bila dibandingkan dengan sejumlah rekan setimnya, tapi dia sudah melakukan hal besar karen dedikasinya untuk latihan dan pertandingan, " jelasnya lagi.

Muller sendiri memandang Teong Kim secara positif. Dia menilai sosok legenda Malaysia itu telah berjasa dalam mengembangkan kariernya.

"Dia pelatih saya di tim muda selama dua tahun. Pelatih pertama saat saya belajar sepak bola, saya menikmati sekali," kata Muller.

"Saya belajar taktik dan basic darinya untuk menjadi pesepak bola profesional. Satu contohnya gerakan overlap saat rekan setim sedang menguasai bola dan kau harus overlap untuk menciptakan situasi satu-dua," lanjutnya lagi.

"Dia sosok yang pintar dan saya menyukainya," terang Muller.

Lim Teong Kim lahir 26 Agustus 1963 di Malaka itu adalah seorang pensiunan pemain sepak bola Malaysia. Pada 17 Februari 2022, IFFHS memilihnya dalam daftar Tim Impian Malaysia Putra Sepanjang Masa mereka. 

Lim Teong Kim yang pada 2022 ini berumur 59 tahun, dulu pernah berposisi sebagai gelandang di level klub maupun timnas. Selain pernah menangani Bayern Munchen U-19, dia juga pernah membawahi Tim Malaysia U-17 sejak 2013–2019.


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT