Gelandang Chelsea N’Golo Kante. (Foto: sportytell.com)
Tim Litbang MPI

LONDON, iNews.id - Profil biodata N'Golo Kante menarik untuk dibahas. Dia dikenal sebagai pemain bertenaga mesin dengan sikap rendah hati.

N'Golo Kante merupakan pemain berposisi gelandang tengah milik klub kaya Liga Inggris, Chelsea. Pria kelahiran Paris, 29 Maret 1991 itu dipinang The Blues dari Leicester City dengan harga 32 juta poundsterling atau setara dengan Rp520 miliar pada 2016.

Pesona Kante sudah terlihat saat dia memperkuat Leicester City. Dia menjadi bagian kesuksesan The Foxes saat secara mengejutkan menjuarai Liga Inggris 2015/2016.

Infografis

Karier awal Kante bermula di JS Juresnes dan Bolougne. Dia menimba ilmu sebagai pemain junior pada 1999 hingga 2012.

Kante akhirnya mencicipi tim senior Bolougne yang bermain di Liga 2 Prancis. Saat itu dia harus bersabar tampil dari bangku cadangan.

Kante amat bersyukur bisa bergabung dengan Bolougne. Dia merasa bisa mengembangkan diri lebih baik dan bermain bersama para pemain profesional.

Di klub ini, keuletannya mulai terlihat. Kante pun mendapat kursi pemain utama Bolougne pada 2012.

Agar lebih mantap berkarier di level senior, Kante memutuskan untuk pindah ke klub Caen pada 2013. Klub yang masih bermain di liga 2 ini berhasil masuk ke liga 1 atas kontribusi besar Kante.

Skuad Chelsea berpesta di ruang ganti usai meraih titel Piala Super Eropa. Namun netizen justru salah fokus dengan kelakuan NGolo Kante. (Foto: REUTERS)

Selama membela Caen, Kante berhasil menorehkan 3 gol pada musim pertamanya 2013/2014. Dua musim tampil baik di Caen, akhirnya dia dipinang Leicester City yang dilatih Claudio Ranieri pada 2015.

Ranieri memberikan tempat utama di lini tengah untuk Kante. Hasilnya dia mampu tampil impresif sebagai tukang uber bola dari kaki lawan. Pada akhir musim 2015/2016, Leicester yang tidak diperhitungkan akhirnya juara Liga Inggris.

Kante hanya semusim di Leicester City. Pasalnya Chelsea jatuh hati padanya.

Bergabung pada musim 2016/2017, Kante langsung nyetel dengan skuad The Blues yang saat itu ditangani Antonio Conte. Dia menjadi mesin lini tengah Chelsea dan membawa klub Kota London itu juara Liga Inggris.

Ya, mesin. Kante memang dianggap kerap pemain bertenaga mesin oleh banyak orang termasuk pemain lawan. Salah satu yang memberikan pujian adalah suksesor Kante di Leicester City, Wilfred Ndidi.

Gelandang Chelsea N`Golo Kante berpose dengan trofi Piala Dunia. (Foto: Football London)

"Kante pemain hebat, jika kau lihat bermain, kau akan mengerti dia adalah mesin," kata Wilfred Ndidi pada 2020, dikutip dari Foxesofleicester, Jumat (25/3/2022).

Di Chelsea, Kante memanen banyak gelar. Yang paling bergengsi jelas Liga Champions 2020/2021 lalu.

Tak hanya di Chelsea, Kante juga menjadi mesin lini tengah Timnas Prancis. Dia mulai mencatatkan caps pada 2016.

Semenjak itu, Kante mulai menjadi langganan skuad Les Bleus. Dia pun sukses menyumbangkan gelar Piala Dunia 2018.

Selain karena jago bermain bola, Kante diidolai karena kerendahan hatinya. Buktinya dia lebih suka mengendarai mini cooper bekas sederhananya dibandingkan memakai mobil mewah seperti pemain bintang lain. Tak jarang pula Kante bersedia diajak foto bareng oleh fans yang tak sengaja bersua dengannya.

Bintang Chelsea NGolo Kante kembali menunjukkan keramahan luar biasa. Dia meladeni permintaan selfie bareng pelayan restoran pizza dan tanda tangan di serbet. (New York Folk)

Hal lainnya, Kante juga dikenal sebagai seorang Muslim yang taat. Mantan rekan setimnya di Prancis, Blaise Matuidi, mengakui hal itu. Menurut Matuidi, Kante adalah orang yang jujur dan menolak memalsukan jumlah pendapatannya.

Itulah profil biodata N'Golo Kante. Sampai saat ini dia menjadi idola fans sepak bola di seluruh dunia karena sifatnya rendah hati.



Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT