Real Madrid kalah tipis 0-1 dari Getafe dalam laga lanjutan Liga Spanyol 2021/2022. Kekalahan itu disebabkan pemain Los Blancos tak siap dengan gol cepat Getafe. (foto: REUTERS/Javier Barbancho).
Andhika Khoirul Huda

GETAFE, iNews.id- Real Madrid kalah tipis 0-1 dari Getafe dalam laga lanjutan Liga Spanyol 2021/2022. Ternyata, kekalahan itu disebabkan pemain Los Blancos tak siap dengan gol cepat Getafe.

Laga tersebut berlangsung di Stadion Alfonso Perez, Minggu (2/1/2021) malam WIB, Los Blancos –julukan Madrid- langsung tertinggal satu gol saat laga baru berjalan sembilan menit. 

Penyebabnya adalah blunder yang dilakukan oleh Eder Militao di dekat kotak penalti. Bek asal Brasil itu mengontrol bola dengan kurang sempurna ketika balik badan untuk mengamankan si kulit bundar yang berada di kakinya. 

Sayang, bola tersebut terlalu jauh dan langsung dicuri oleh Unal yang berada didekatnya. Lalu, striker berpaspor Turki itu dengan mudah menjebol gawang Courtois.

Setelah gol tersebut, Getafe langsung bermain bertahan. Tim besutan Quique Sanchez Flores itu menerapkan strategi parkir bis untuk mempertahankan keunggulan dengan hanya menguasai bola sebanyak 26%.

Sebaliknya, Madrid langsung menggempur pertahanan tim tuan rumah dengan serangan bertubi-tubi. Akan tetapi, berkat penampilan gemilang David Soria di bawah mistar gawang Getafe, pasukan Carlo Ancelotti gagal menorehkan satu gol pun hingga peluit panjang dibunyikan.

Karena itu, Courtois berpendapat gol cepat yang dicetak Unal pada awal babak pertama menjadi penyebab kekalahan juara Liga Champions 13 kali itu. Sebab, setelah itu Azulones –julukan Getafe- langsung bertahan total sehingga timnya kesulitan untuk mencetak gol.

“Selalu sulit bermain di sini melawan tim ini. Mereka tidak kebobolan banyak gol akhir-akhir ini, kami tahu kami harus bersabar,” kata Courtois dilansir dari laman resmi Madrid, Senin (3/1/2021).

“Sayang sekali kami tertinggal di awal pertandingan, itu menentukan cara mereka bermain dan memberi mereka ruang untuk bernafas. Kami menciptakan peluang, tapi itu tidak cukup,” tuturnya.

Dengan kekalahan tersebut, Los Blancos gagal memperpanjang rekor 15 pertandingan tak terkalahkan di semua kompetisi yang mereka miliki. Selain itu, ini merupakan kekalahan pertama yang didapat Madrid atas Getafe dalam sembilan tahun terakhir.

Kendati pulang tanpa poin, raksasa Ibu Kota Spanyol itu masih bercokol di puncak klasemen sementara Liga Spanyol 2021/2022. Mereka masih unggul delapan poin dari Sevilla yang membuntuti di urutan kedua. Namun, tim besutan Julen Lopetegui itu masih mempunyai tabungan dua pertandingan.



Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT