Penyimpanan cepat meningkatkan semua waktu loading secara luas biasa. Artinya, game diluncurkan lebih cepat, memuat lebih cepat, dan juga mempercepat hal-hal seperti memuat ulang level atau perjalan.
Pada akhirnya, pengembang tidak perlu memuat layar atau long corridors yang menipu, yang saat ini diperlukan untuk menyembunyikan waktu pemuatan tingkat berikutnya. Penyimpanan secapat ini dapat memuat aset secara instan, memiliki transisi yang mulus, dan mengubah cara permaianan dibuat.
Penyimpanan yang lebih cepat juga membuat penggunaan memori sistem menjadi efisien. Dengan PlayStation 4, karena hard drive dasar lebih lambat, sebagian besar aset game harus disimpan pada memori GDDR5 8GB.
Dengan PlayStation 5, aset dapat dialirkan lebih cepat, sehingga hanya sebagian kecil dari memori GDDR6 16GB baru yang harus dialokasikan ke aset. Salah satu masalah dengan penyimpanan berbasis hard drive juga duplikasi aset.
Beberapa aset harus diduplikasi di blok memori untuk mengurangi waktu aset untuk tingkat tertentu. Dengan penyimpanan flash hal tersebut tidak diperlukan lagi.