Sony juga berbicara mengenai backward compatibility. Semua game PlayStation 4 akan kompatibel dengan PlayStation5 tanpa banyak bekerja di pihak pengembang. Pengembang yang membuat game khusus untuk PlayStation 5 juga memiliki pilihan untuk mengambil keuntungan dari fitur-fitur baru yang ditemukan konsol, seperti mesin geometri dengan dukungan shader primitif atau hardware tracing ray tracing atau mereka dapat mengabaikannya saja.
Pada kesempatan ini, Cerny juga secara singkat berbicara mengenai konsumsi daya dan bagaimana konsol telah dirancang untuk menghindari kritik penggemar di PlayStation 4 saat ini pada game tertentu seperti God of War. Sekali lagi, ini adalah fungsi dari fitur peningkatan frekuensi variabel.
Hal terakhir yang dibicarakan Cerny adalah kesempatan ini adalah audio. PlayStation 5 akan menggunakan co-prosesor khusus yang disebut Tempest 3D Audio Engine. Fitur baru ini dirancang untuk menyediakan audio yang sangat realistis dengan pencitraan dan posisi yang tepat untuk sumber suara di sekitar Anda dalam ruang 3D.