Dengan diskusi panjang mengenai penyimpanan, Cerny kemudian beralih ke beberapa spesifikasi hardware lain dari konsol. Misalnya, CPU dan GPU serta bagaimana mereka dikonfigurasi untuk bekerja kali ini.
Seperti yang telah diketahui, PlayStation 5 didasarkan pada AMD SoC yang terdiri atas 8x Zen 2 CPU core dan GPU berbasis RDNA 2 khusus. Layaknya generasi sebelumnya, PlayStation 5 baru memiliki hardware mirip dengan Xbox Series X, tapi cara konfigurasinya sangat berbeda.
Dengan Xbox Series X, Microsoft memilih memiliki kecepatan clock tinggi dan menguncinya. Sony memiliki pendekatan berbeda dalam hal ini, di mana perusahaan malah mengunci target daya dan membiarkan frekuensi berfluktuasi berdasarkan beban kerja.
Konsol masih memiliki batas, dengan kecepatan clock CPU dibatasi pada 3.5 GHz dan GPU pada 2,23GHz. Tapi ini adalah nilai maksimum absolut dan mereka akan turun jika beban kerja tidak memerlukannya.
Sementara itu, GPU pada PlayStation 5 memiliki 36 unit komputasi dan 10,28 TFLOP. Perlu disebutkan tidak ada angka yang secara langsung sebanding dengan angka-angka dari PlayStation 4 karena perbedaan arsitektur dari dua GPU dan GPU lebih baru dapat memiliki kinerha floating yang lebih rendah.