JAKARTA, iNews.id - Penjualan smartwatch mengalami penurunan cukup drastis pada kuartal pertama 2023. Pengiriman jam tangan pintar global anjlok 1,5 persen karena minimnya penjualan Apple dan Samsung.
Berdasarkan Counterpoint Research's Global Smartwatch Model Tracker, Apple mengambil peran besar. Karena, perusahaan telah menguasai pasar smartwatch selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, tak heran jika penurunan penjualan Apple berpengaruh besar pada industri ini secara global.
Perusahaan berbasis Cupertino itu mengalami penurunan 20 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini. Akibatnya, penjualan Apple turun di bawah 10 juta unit, pertama kali dalam 3 tahun.
Dilansir dari Neowin, market share Apple turun 32 persen menjadi 26 persen. Penurunan diduga terjadi karena buruknya ekonomi global. Selain Apple, Samsung juga mengalami hal yang sama meski kondisinya berbeda.
Pada kuartal pertama 2023, Samsung mengalami kenaikan pengiriman 15 persen di Amerika Utara. Namun, di wilayah lainnya justru merosot seperti Apple.