Xiaomi Uji Fitur Indikator Kesehatan Baterai MIUI di Sejumlah Model (Foto: Ist)
Dini Listiyani

BEIJING, iNews.id - Sebagian besar smartphone menggunakan baterai lithium-ion. Seiring berjalannya waktu, baterai juga akan semakin buruk yang menyebabkan penurunan kinerja. 

Xiaomi menyadari keinginan para penggemar untuk mendapatkan fitur yang membantu memantau kesehatan baterai smartphone mereka. Oleh karena itu, perusahaan ponsel asal China ini memasukkan MIUI Battery Health Indicator. 

Xiaomi telah mulai meluncurkan MIUI Battery Health Indicator ke beberapa smartphone-nya. Fitur ini pertama kali diluncurkan pada Redmi Note 10. Saat ini, perusahaan sedang menguji fitur baru pada lebih banyak model, sebagaimana dikutip dari Gizmo China, Sabtu (19/6/2021).

Adapun model-model yang tengah menguji fitur baru ini mencakup Mi 11 Ultra, Mi 11 Pro, Mi 11, Mi 11 Lite, Mi 10 Extreme Commemorative Edition, Mi 10 Pro, Mi 10, Redmi K40 Pro+, Redmi K40 Pro, Redmi K40, dan Redmi K40 Game Enhanced Edition.

Xiaomi Battery Health Indicator bisa memperkirakan status kesehatan baterai berdasarkan faktor penuaan baterai yang kompleks. Ada beberapa faktor yang memengaruhi proses penuaan baterai ponsel seperti waktu penggunaan, waktu siklus, suhu penyimpanan, kapasitas penyimapanan, dan lain-lain.

Indikator kesehatan baterai Xiaomi akan mengubah kesehatan baterai menjadi skala yang sesuai berdasarkan impedansi penuaan, suhu, dan kapasitas, sehingga Anda bisa mendapatkan kesehatan baterai saat ini secara sekilas.

Antarmuka kesehatan baterai dapat diakses di ponsel Xiaomi yang memenuhi syarat dengan menuju ke Pengaturan Sistem> Penghematan Daya dan Baterai> halaman Baterai. Untuk membantu memperpanjang masa pakai baterai, sistem akan memberi tahu pengguna saat daya baterai menurun sehingga mereka dapat membawa ponsel ke pusat layanan tepat waktu untuk mempertahankan kinerja baterai yang optimal.

Xiaomi diharapkan meluncurkan fitur ini ke lebih banyak model saat versi stabil sudah siap. Namun sebelum itu, Anda dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai ponsel Anda dengan memastikannya digunakan dalam kisaran suhu yang optimal. 


Editor : Dini Listiyani

BERITA TERKAIT