- Bagikan link Google Forms untuk diisi.
Selain Google Form, membuat absensi online juga bisa dilakukan dengan Microsoft Excel. Caranya juga tak kalah mudah. Nah tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:
- Buka aplikasi Microsoft Excel
- Buat judul lebih dulu dengan menekan menu Insert, lalu pilih menu Word Art
- Pilih sel yang diinginkan, biasanya di bagian sel A9 untuk menjadi awalan
- Di bagian sel A9, ketik Nomor, sementara di bagian B9 diisi dengan Nama pelajar
- Di bagian C9 bisa diisi dengan Nomor Induk Pelajar
- Isi bagian D9 dengan Pertemuan sesuai keinginan
- Nantinya, D9 bisa diketik angka 1, lalu angka 2 di E9
- Setelah itu, blok D9 dan E9 lalu tarik sehingga angka akan bertambah secara berurutan
- Atur lebar kolom dengan cara blok dua kolom pertemuan 1 dan 2
- Setelah itu, klik kanan dan tekan Column Width, lalu isi sesuai keinginan
- Di bagian sel AM sampai sel AR bisa diisi dengan alpa, izin, sakit, hadir, persentase, dan catatan sesuai kebutuhan
- Isi nama pelajar kemudian gunakan Conditional Formating untuk mengisi kehadiran secara otomatis dengan cara blok bagian yang diinginkan