Sekelompok ilmuan menemukan spesies bakterianeh di perairan Guadeloupe, Karibia, bernama T (Thiomargarita) Magnifica. (Foto: Gizmodo)
Tangguh Yudha

JAKARTA, iNews.id - Sekelompok ilmuan menemukan spesies bakteri aneh di perairan Guadeloupe, Karibia. Bakteri bernama T (Thiomargarita) Magnifica ini memiliki ukuran sangat besar sehingga sel-sel tunggalnya dapat dilihat dengan mata telanjang.

Dilansir dari Gizmodo, Sabtu (25/6/2022), bakteri T Magnifica ini tidak hanya memiliki ukuran raksasa, tapi juga menunjukkan tanda-tanda peningkatan kompleksitas. Di mana DNA-nya tersimpan dalam struktur yang terikat membran.

Ilmuwan menyebut ini bukanlah hal normal, mengingat biasanya DNA bakteri mengambang di dalam sel. Untuk T magnifica DNA-nya lebih mirip dengan milik manusia.

"Bakteri yang kami temukan kira-kira memiliki bentuk dan ukuran seperti bulu mata, namun itu adalah sel bakteri tunggal," kata Jean-Marie Volland, ahli biologi kelautan di Lawrence Berkeley National Laboratory dan Laboratory for Research in Complex yang menemukan bakteri itu.

Dia mengungkapkan bakteri ini berukuram sekitar 5.000 kali lebih besar dari kebanyakan bakteri. Jika diibaratkan, seperti manusia bertemu dengan manusia yang ukurannya setinggi gunung Everest," katanya.

Bakteri raksasa T magnifica pertama kali ditemukan di rawa bakau laut Guadeloupe, sebuah pulau di Lesser Antilles, oleh seorang ahli biologi di Université des Antilles yang juga turut melakukan penelitian. T magnifica tampak tembus pandang, dan gemar menempel pada daun yang membusuk di dalam air.

Habitat sebenarnya T magnifica tidak diketahui. Sejauh ini hanya ditemukan di beberapa lokasi rawa bakau Guadeloupe. Peran pastinya dalam ekosistem juga masih belum jelas. Peneliti menyebutkan mungkin T magnifica punya musim tersendiri.

Para ilmuan mengingatkan bakteri sangat mudah beradaptasi dan selalu mengejutkan. Jadi siapapun yang menemukan T magnifica diharapkan jangan pernah meremehkan dan selalu berhati-hati hingga penelitian berhasil mengungkap siapa T magnifica ini.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT