PO bus legendaris di Jawa Barat (Foto: Instagram @poluragungjaya)
Tangguh Yudha

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak PO Bus legendaris di Jawa Barat yang dikenal merajai jalanan. Beberapa di antaranya sudah sangat melekat di hati para busmania dan juga masyarakat awam.

Lantas, apa saja PO bus legendaris di Jawa Barat? Berikut deretannya, dirangkum pada Sabtu (25/6/2022).

1. Luragung Jaya

PO Bus legendaris di Jawa Barat pertama ada Luragung Jaya yang berasal dari kabupaten Kuningan. PO bus yang satu ini sering dijuluki sebagai penguasa jalur Pantura. Ini karena Luragung Jaya terkenal memiliki hobi ngeblong terutama pada 2015 ke bawah. Hampir semua warga Jawa Barat pasti mengetahui jika ditanya tentang Luragung Jaya ini.

2. Sinar Jaya

PT Sinar Jaya Megah Langgeng adalah salah satu perusahaan otobus yang berasal dari Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Perusahaan otobus ini punya nama besar yang begitu melegenda.

Sinar Jaya pernah masuk rekor Muri sebagai PO yang mendapat penghargaan terbanyak dibanding dengan para kompetitornya. Sinar jaya memiliki beberapa kelas armada dari non AC hingga kelas eksekusif.

3. Lorena & Karina

PO Bus legendaris di Jawa Barat yang lainnya ada Lorena & Karina yang mulai beroperasi sejak tahun 1973. Di awal berdirinya, Lorena & Karina hanya memiliki dua armada bus dengan rute jarak pendek yaitu Bogor-Jakarta PP. Seiring dengan kesuksesannya, Lorena & Karina terus melebarkan sayap dengan membuka trayek yang lebih jauh lagi yaitu dari Jakarta hingga Bali. Lorena & Karina sangat terkenal dari dulu sampai sekarang.

4. Bandung Express 

Warga Bandung tentu tak asing dengan perusahaan otobus (PO) Bandung Express. Ya, PO yang satu ini sudah eksis sejak tahun 1973, di mana pada saat itu masih mengusung nama Bandung Cepat.

PO Bandung Express masih terus diminati masyarakat sampai sekarang. Adapun layanan yang ditawarkan mencakup bus malam cepat, bus pariwisata, bus karyawan, hingga paket kilat.

5. Cipaganti

PO Bus legendaris di Jawa Barat selanjutnya ada Cipaganti yang merupakan perusahaan otobus bermarkas di Bandung. Perusahaan ini didirikan pada 1985 oleh Andianto Setiabudi di Jalan Cipaganti No. 84 Bandung. Seiring berjalannya waktu, Cipaganti terus menjelma menjadi perusahaan otobus raksasa. Hingga pada akhirnya perusahaan harus bangkrut dan sang pemilik tersandung kasus hukum.

6. Merdeka

PO Bus legendaris di Jawa Barat terakhir ada Merdeka yang berasal dari Kota Ciamis. Merdeka didirikan pertama kali pada 1970-an oleh H. Idris Suherman yang sebelumnya fokus di dunia transportasi, khususnya bus AKAP. Pada kurun waktu 1970-1990, bisnis Merdeka semakin berkembang, hingga memiliki 200 unit bus. Selain melayani tranportasi bus AKAP, Merdeka juga membuka jasa bus pariwisata.


Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT