Berdayakan Brand Lokal dan UMKM, Shopee Bantu Pertumbuhan Ekonomi Digital di Indonesia

Rizqa Leony Putri
Shope memberikan warna baru dan kontribusi dalam sejarah pertumbuhan bisnis lokal di Indonesia. (Foto: dok Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Era digital telah membuka pintu bagi brand lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk tumbuh pesat, lebih tangguh, mengukir prestasi yang mengesankan di panggung bisnis digital. Salah satu kunci sukses yang mendorong pertumbuhan pesat brand lokal dan UMKM adalah peran krusial platform e-commerce.

Dalam hal ini, kemudahan dalam membuat dan mengelola toko online, serta aksesibilitas ke teknologi mulai dari pengiriman dan transaksi jual-beli yang aman, ditambah beragam fitur, inisiatif dan kampanye menarik, serta program edukasi yang membantu para penjual dapat beradaptasi dengan teknologi dan tren terkini.

Menelaah kondisi pasar di beberapa bulan terakhir, konsistensi dan dukungan platform e-commerce, khususnya Shopee, telah memberikan warna baru dan kontribusi dalam sejarah pertumbuhan bisnis lokal di Indonesia. Sejalan dengan misi pemerintah dalam mendukung perkembangan ekonomi digital UMKM, program dan fitur yang Shopee hadirkan menjadi salah satu bentuk nyata bahwa rangkaian penawaran selama kampanye berlangsung memberikan kesempatan dan peluang bagi brand lokal dan UMKM.

Cara Shopee Perkuat Potensi Pertumbuhan Bisnis Brand Lokal dan UMKM

Indonesia memiliki banyak para pelaku usaha lokal dengan kreativitas dan ragam produk yang memiliki ciri khas masing-masing. Sudah sepatutnya segala bentuk kreativitas diapresiasi, termasuk brand karya anak bangsa.

Shopee percaya bahwa dalam membantu dan memberikan pembinaan kepada UMKM merupakan tugas bersama berbagai pihak. Sepanjang tahun ini Shopee telah menjalankan berbagai program dan inisiatif terbaru yang bertujuan untuk mendukung perkembangan bisnis para pelaku usaha lokal, baik yang sudah resmi menjadi penjual di Shopee maupun yang baru akan mendaftarkan bisnisnya secara online di Shopee.

Membangun fondasi yang kokoh untuk memperkuat potensi pertumbuhan bisnis ekosistem Shopee, festival belanja 11.11 Big Sale kemarin mencatatkan pencapaian yang luar biasa bagi para brand lokal dan UMKM. Tercatat peningkatan transaksi hingga tujuh kali lipat dari brand lokal dan UMKM di puncak kampanye dibandingkan hari biasa.

Hal ini menunjukkan bagaimana pelaku usaha lokal memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat dalam menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif.

Antusiasme partisipasi brand lokal dan UMKM turut mendukung rangkaian kampanye Shopee setiap bulannya dalam menghadirkan kelengkapan produk variatif dari berbagai kategori, sehingga secara tidak langsung menjadi motivasi masyarakat untuk semakin semangat berburu produk incaran lokal dan UMKM. Khususnya pada kategori Kecantikan, Fashion, dan Gaya Hidup yang ternyata mendapat perhatian spesial di hati konsumen sepanjang kampanye 11.11.

Editor : Rizqa Leony Putri
Artikel Terkait
Bisnis
1 hari lalu

Ritel dan UMKM Bersanding, Aprindo Tegaskan Komitmen Tumbuh Bersama

Bisnis
2 hari lalu

27 Tahun Majukan Negeri, Bank Mandiri Jangkau 60.000 Penerima Manfaat

Bisnis
3 hari lalu

Kolaborasi Ritel dan Teknologi Warnai Pembukaan Road to Hari Ritel Nasional 2025

Bisnis
3 hari lalu

Bank Mandiri Perkuat Komitmen ESG lewat Kinerja Keberlanjutan yang Solid

Bisnis
4 hari lalu

Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Resmikan Dua SPKLU Center Pertama di Jakarta

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal