"Aku tugasnya jualan, jualan kamar dan meeting room. Kalau fasilitas sudah include di kamar dan biasanya yang dijual kamarnya," kata Nataliana.
Adapun salah satu tugas pentingnya sebagai hotelier adalah dia membuat event jelang hari besar, seperti Lebaran, Tahun Baru, Natal, hingga momen Valentine.
"Kalau promo biasanya kita kerjasama sama hotel. Sebulan sebelum seasonal event itu kita udah bikin meeting dulu. Kita mau bundling package apa, special price berapa, dan lain sebagainya. Contoh yang paling banyak biasanya valentine include sama candle light dinner," tuturnya.
Sebelum membuat promo, seorang hotelier biasanya melakukan riset ke hotel-hotel lain untuk mengetahui promosi apa yang mereka buat.
"Biasanya jadi misteri guest aja hubungi hotel lain buat nanya promo dan package. Atau kalau ada promo tahun lalu yang banyak diminati kita refresh lagi," katanya.
Nataliana mengaku saat seasonal event tidak menguntungkan pihak hotel namun hal itu harus dilakukan agar hotel bisa mendapatkan momentum tersebut. "Sebenarnya enggak (menguntungkan) buat kita, karena bundling dan benefitnya banyak banget. Jadi omsetnya nggak terlalu tinggi," kata Nataliana.