JAKARTA, iNews.id - Wonderful Indonesia Co-Branding merupakan salah satu program unggulan populer dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Program ini sudah berjalan sejak 2017 dan berdampak positif pada sektor ekonomi kreatif Tanah Air.
Menjelang masa akhir jabatannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menorehkan pencapaian yang membanggakan. Termasuk mengukuhkan program Wonderful Indonesia Co-Branding.
Program Wonderful Indonesia Co-Branding pertama kali dicetuskan pada 2017 di masa jabatan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Program ini mengajak brand-brand lokal maupun multinasional untuk bermitra dengan Kemenparekraf dalam mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.
Pada awal diluncurkan, WICB memiliki 44 anggota kemitraan yang berasal dari beragam latar belakang unit bisnis. Kini, program tersebut dilaporkan telah memiliki 184 anggota kemitraan yang aktif.
“Malam ini saya sangat senang dan sangat terharu. Saya ingat betul, program WICB dimulai pada 2017 yang diinisiasi oleh Pak Arief Yahya. Awalnya dimulai beberapa mitra saja, hari ini saya diberitahu anggota mitranya sudah nyaris 200 brand,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara “Seremonial Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama & MoU Wonderful Indonesia Co Branding Forum II 2024”, di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (27/7/2024).