Mengenal dessert enak (Foto: Epicurious)
Wilda Fajriah

JAKARTA, iNews.id - Bagi penggemar makanan manis tentu sudah tidak asing dengan menu yang satu ini. Puding, Mousse, hingga Panna Cotta memiliki kelezatan berbeda.

Saat menikmati hidangan penutup bertekstur halus dan lembut, mungkin Anda bertanya apakah yang tengah disantap. Mousse, puding, atau panna cotta? Ketiganya memang mirip, tapi sebenarnya mereka berbeda.

Lantas, apakah perbedaan yang terdapat pada ketiga dessert atau hidangan penutup tersebut? Melansir laman TheKitchn, berikut adalah perbedaan antara mousse, puding, dan panna cotta.

Mousse

Mousse mirip dengan puding, tapi hidangan penutup ini punya tekstur yang jauh lebih lembut dan lebih ringan karena di dalamnya terdapat banyak gelembung udara. Mousse punya konsistensi yang jauh lebih lembut. Bahan dasar pembuatan mousse adalah campuran putih telur atau krim kocok.

Mousse umumnya diberi perasa seperti cokelat, kopi atau buah-buahan. Lain halnya dengan puding, mousse tidak mengandung kacang-kacangan, biji-bijian atau potongan buah. Mousse juga selalu disajikan dalam keadaan dingin atau beku.

Mousse terbuat dari bahan dasar krim atau putih telur yang dikocok hingga kaku dan mengembang. Tekstur mousse lebih mirip seperti busa. Beberapa orang membuat mousse dengan menggunakan krim yang telah dicampur dengan buah misalnya alpukat.

Puding

Awalnya puding tidak disajikan sebagai makanan penutup. Awalnya puding adalah makanan yang dibuat dengan cita rasa gurih, campuran daging, telur, biji-bijian dan mentega ini kemudian dikukus, dipanggang atau direbus. Tapi, kemudian puding dibuat dengan varian rasa yang manis. Puding manis memiliki tekstur yang lembut namun padat dan juga creamy. Puding disajikan dalam berbagai suhu kadang dingin, hangat ataupun yang tersaji dalam suhu ruang.

Ada banyak variasi untuk membuat puding tetapi pada dasarnya secara tradisional puding dibuat dengan campuran susu dan gula. Campuran ini kemudian dikentalkan menggunakan tepung maizena. Beberapa di antaranya memanfaatkan tepung beras, tapioka, biji chia dan gelatin.

Panna cotta

Panna cotta adalah makanan penutup paling sederhana. Ini dibuat dengan krim, gula, dan gelatin. Panna cotta berasal dari Italia Utara, di mana resep paling awal menyebutkan merebus krim dengan tulang ikan (kolagen akan mengatur krim).

Saat ini panna cotta hampir selalu dibuat dengan gelatin, yang memberikan rasa lembut di mulut dan tekstur yang meleleh di mulut. Tetapi Anda dapat menciptakan spektrum rasa dan kekayaan yang luas tergantung pada jenis susu yang digunakan. Anda dapat membuat panna cotta yang sangat ringan dan lembut menggunakan susu dan pure buah, atau tekstur yang sangat kaya dan kental menggunakan sebagian besar krim.


Editor : Vien Dimyati

BERITA TERKAIT