10 Orang Terkaya Sepanjang Masa: Peringkat 1 Berharta 100 Triliun Dolar AS, Bukan Mansa Musa 

Viola Triamanda · Sabtu, 25 Juni 2022 - 22:01:00 WIB
10 Orang Terkaya Sepanjang Masa: Peringkat 1 Berharta 100 Triliun Dolar AS, Bukan Mansa Musa 
Genghis Khan dan Mansa Musa, dua dari 10 orang terkaya sepanjang masa: peringkat 1 berharta 100 triliun dolar AS. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Elon Musk merupakan orang terkaya di dunia modern saat ini dengan kekayaan mencapai 234,5 miliar dolar AS atau Rp3.477,5 triliun. Namun sebelum Musk, sudah ada beberapa orang tercatat sebagai yang terkaya sepanjang masa

Dari industrialis Amerika abad ke-19 hingga raja Afrika yang pernah memiliki setengah dari emas dunia Mansa Musa, berikut orang-orang paling kaya sepanjang masa, yang diperkirakan oleh para ekonom serta sejarawan terkemuka dan disesuaikan dengan inflasi, dikutip dari MNS:

10. Osman Ali Khan, Asaf Jah VII

Osman Ali Khan adalah penguasa terakhir Hyderabad di India, yang memimpin dari 1911 hingga 1948. Pada abad ke-20, dia dikenal sebagai orang terkaya di dunia dengan perkiraan kekayaan sebesar 2 miliar dolar AS pada awal 1940-an. Ini setara dengan 2 persen dari ekonomi AS atau sekitar 230 miliar dolar AS saat ini. 

9. Jacob Fugger

Bankir, pedagang, dan pionir pertambangan ini adalah orang terkaya di Eropa pada awal abad ke-16. Kekayaannya yang luar biasa sebesar 277 miliar dolar AS memungkinkan dia mempengaruhi politik saat itu, menandai Kaisar Romawi Suci Maximilian I, serta membiayai Raja Spanyol Charles V.

8. Tsar Nicholas II dari Rusia

Nicholas Romanov yang bernasib buruk memerintah Kekaisaran Rusia dari 1894 hingga 1917. Selama waktu itu, dia memiliki akses penuh ke kas negara, menjadikannya salah satu raja terkaya dalam sejarah dunia. Kekayaan pribadinya pada 1916 diperkirakan setara dengan 300 miliar dolar AS hari ini.

7. Andrew Carnegie

Berasal dari keluarga sederhana di Skotlandia, Andrew Carnegie memimpin ekspansi besar-besaran industri baja AS pada akhir abad ke-19. Kekayaan pribadinya diperkirakan bernilai 337 miliar dolar AS saat ini. Sebagai filantropis, Carnegie memberikan 90 persen kekayaannya ke berbagai badan amal dan lembaga pendidikan selama tahun-tahun terakhir hidupnya.

6. John D. Rockefeller

Dikenal luas sebagai orang Amerika terkaya yang pernah hidup, John D. Rockefeller mendirikan perusahaan Standard Oil pada 1870 dan akhirnya mengendalikan sekitar 90 persen bisnis minyak AS. Ekonom Peter Bernstein memperkirakan, industrialis yang menjadi filantropis ini memiliki kekayaan pribadi sebesar 367 miliar dolar AS dalam bentuk uang hari ini.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda