100 Pengacara Top Indonesia 2021, Ada Eks Pejabat KPK hingga Hotman Paris Hutapea

Aditya Pratama ยท Minggu, 20 Juni 2021 - 14:05:00 WIB
100 Pengacara Top Indonesia 2021, Ada Eks Pejabat KPK hingga Hotman Paris Hutapea
Hotman Paris Hutapea

JAKARTA, iNews.id - Asia Business Law Journal mengeluarkan daftar 100 pengacara terbaik yang berpraktik di Indonesia tahun ini. Peringkat tersebut didasarkan pada penelitian ekstensif dan pendapat dari penasihat internal di Indonesia maupun negara lain, serta mitra firma hukum Indonesia di luar negeri.

Hampir semua pengacara dalam daftar tersebut tinggal di DKI Jakarta. Ini mencerminkan pentingnya keberadaan mereka di antara regulator keuangan dan dalam karidor kekuasaan di pemerintahan. 

Beberapa komentar yang disampaikan klien pengacara dalam daftar ini kepada Asia Business Law Journal menunjukkan mereka tidak hanya mencari pengacara yang sangat berpengalaman di bidangnya dan responsif dalam memberikan pelayanan, tapi juga mampu memenuhi kebutuhan klien dan dapat diandalkan dalam memandu proyek di masa pandemi. 

Sebagai pasar negara berkembang utama dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia mendapat perhatian investor. Namun menavigasi kerangka peraturan negara bukan hal mudah, sehingga banyak pengacara dalam daftar ini mendapat pujian atas saran mereka.

Misalnya Herry Kurniawan mendapat pujian dari Penasihat Umum Jurong Port di Singapura, Tham Wai Kong. Dia mengatakan, Kurniawan memberikan nasihat hukum jelas dan ringkas dengan penyampaian yang mudah dimengerti. 

Sementara Iqbal Hadromi dipuji oleh Direktur Keuangan Internasional Vantage Drilling di Dubai, Kenneth Howden atas bantuannya mendirikan entitas di Indonesia. 

"Ketika operasional baru dimulai, kami mendapat saran yang diperlukan tentang bagaimana kami dapat beroperasi, dengan membantu mendaftar ke semua otoritas dan menyiapkan rekening bank," ujar Howden.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2 3