2 Cara Cek Penerima BSU Tahap 4 yang Akan Cair Minggu Depan

Advenia Elisabeth · Jumat, 30 September 2022 - 21:00:00 WIB
 2 Cara Cek Penerima BSU Tahap 4 yang Akan Cair Minggu Depan
2 cara cek penerima BSU tahap 4 yang akan cair minggu depan. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah akan mencairkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap keempat pada minggu depan. Adapun anggaran BSU sebesar Rp8,8 triliun akan disalurkan dalam beberapa tahap. 

"Saat ini, sudah disalurkan hingga tahap ke-3. Tahap ke-4 minggu depan. Nanti akan ada 6 atau 7 tahap lagi, " kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata di Jakarta, Jumat (30/2/2022).

Dia menjelaskan, total penerima BSU ini diperkirakan sekitar 14,6 juta pekerja. Ini karena adanya pengecekan atau screening yang komprehensif.

Nah, bagaimana cara mengecek penerima BSU atau bukan? Ada 2 cara yang bisa dilakukan, yakni melalui kemnaker.go.id dan bsu.bpjsketenagekerjaan.go.id.

Cara cek penerima BSU 2022 via kemnaker.go.id

  1. Kunjungi laman https://kemnaker.go.id
  2. Daftar akun. Jika belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.
  3. Masuk. Login ke akun Anda.
  4. Lengkapi Profil. Lengkapi profil biodata diri Anda berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi.
  5. Cek notifikasi. Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi dengan tahapan:
    - Tahap 1: Terdaftar
    Anda akan mendapatkan notifikasi jika terlah terdaftar sebagai calon penerima BSU sesuai dengan tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.
    - Tahap 2: Ditetapkan
    Anda akan mendapatkan notifikasi apabila telah ditetapkan sebagai penerima BSU.
    - Tahap 3: Tersalurkan ke Rekening Anda
    Anda akan mendapatkan notifikasi kalau dana BSU telah tersalurkan ke rekening bank Himbara (Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (BSI) khusus yang bekerja di wilayah Aceh. 

Penyaluran melalui PT Pos Indonesia akan disampaikan melalui surat pemberitahuan kepada penerima BSU sebagai dasar pencairan dana.

Cara cek penerima BSU 2022 melalui bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

  1. Kunjung laman Kunjungi laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Cari menu 'Cek Apakah Kamu Termasuk Calon Penerima BSU?' pada bagian bawah laman
  3. Ketik Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap sesuai KTP, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor handphone (hp) terkini, dan email terkini.
  4. Pastikan nomor hp dan email benar agar bisa mendapatkan informasi penyaluran BSU
  5. Kemudian klik, Lanjutkan. 

Jika data yang Anda masukkan termasuk yang calon penerima BSU maka akan muncul pesan seperti berikut ini: 

"Anda lolos verifikasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), untuk validasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker. Proses verifikasi dan validasi dilakukan sesuai dengan Permenaker Nomor 10 Tahun 2022." 

Sementara jika data yang dimasukkan bukan termasuk calon penerima BSU maka pesan yang muncul, berbunyi "Mohon maaf, Anda belum termasuk dalam kriteria calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) sesuai Permenaker Nomor 10 Tahun 2022".

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda