6 Konglomerat Tajir Berkat Jualan Obat, Nomor 5 punya Jaringan Apotek di Seluruh Indonesia

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 05 November 2022 - 12:00:00 WIB
6 Konglomerat Tajir Berkat Jualan Obat, Nomor 5 punya Jaringan Apotek di Seluruh Indonesia
Apotek K24 milik Gideon Hartono ini menjadi salah satu jaringan apotek yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Ada 6 konglomerat tajir berkat jualan obat, yang membuka usaha dari toko obat sederhana hingga memiliki pabrik dan jaringan apotek di seluruh Indonesia.

Beberapa konglomerat tajir berkat jualan obat ini, bahkan masuk dalam daftar miliarder Indonesia versi Forbes. Bisnis mereka pun mendulang keuntungan besar di masa pandemi Covid-19.

Berikut 6 konglomerat tajir berkat jualan obat yang dihimpun MNC Portal dari berbagai sumber, Sabtu (5/11/2022): 

1. Irwan Hidayat

Irwan Hidayat yang merupakan pengusaha tajir berkat berjualan obat. Pemilik PT Sido Muncul Tbk ini adalah cucu dari pendiri Sido Muncul yakni Rahkmat Sulistio atau Go Djing Nio.

Berdiri sebagai perusahaan produsen jamu yang berlokasi di Semarang, Sido Muncul telah mengeluarkan banyak produk kesehatan. Bahkan produk dari Sido Muncul sudah banyak dijual di luar negeri.

Irwan Hidayat juga tercatat memiliki harta kekayaan sebanyak 1,58 miliar dolar AS atau setara dengan Rp23,4 triliun. Hal tersebut mampu membawa nama Irwan Hidayat masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

2. Kartini Muljadi

Salah satu konglomerat tajir dari hasil jualan obat adalah Kartini Muljadi. Diketahui jika dirinya merupakan seorang pengusaha pemilik dari PT Tempo Scan Pacific Tbk. Perusahaan tersebut bergerak di sektor produksi farmasi dan consumer goods.

Adapun beberapa produk obat-obatan yang diproduksi oleh perusahaan tersebut seperti Hemaviton, Oskadon, Neo Rheumacyl, Bodrexin, Vidoran, Bodrex, Contrexyn, hingga Zevit Grow. Produk-produk obat yang telah disebutkan tadi pasti sudah tidak asing lagi ditelinga Anda.

Tercatat bahwa Kartini Muljadi memiliki harta kekayaan yang melimpah hingga 695 juta dolar AS atau setara dengan Rp10 triliun dari produksi bermacam obat-obatan tersebut.

3. Boenjamin Setiawan

Konglomerat yang tajir berkat jualan obat selanjutnya adalah Boenjamin Setiawan seorang pengusaha pemilik dari perusahaan farmasi swasta terbesar di Indonesia yaitu Kalbe Farma.

Diketahui perusahaan yang banyak memproduksi obat-obatan tersebut sangat terkenal di Indonesia. Selain memiliki perusahaan produsen obat, Boenjamin juga memiliki sebuah rumah sakit yang diberi nama RS Mitra Keluarga.

Harta kekayaan yang dimiliki Boenjamin Setiawan ini diketahui mencapai 4,2 miliar dolar AS atau setara dengan Rp65 triliun di tahun 2021. Tak heran jika sosok Boenjamin Setiawan dijuluki Konglomerat tajir dan masuk dalam deretan orang terkaya di Indonesia.

4. Eddie Lembong

Eddie merupakan pemilik apotek PT Pharos Indonesia. Perusahaan farmasi ini memiliki beberapa jaringan perusahaan seperti Apotek Century, Apotek Generic, dan Century Healthcare 

5. Gideon Hartono 

Gideon Hartono adalah pemilik Apotek K-24, jaringan apotek yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Pada Oktober 2002, Gideon Hartono yang berprofesi sebagai dokter mulai merintis usaha Apotek K-24.

Saat ini Apotek K-24 yang terkenal sebagai apotek yang beroperasi 24 jam itu, memiliki 430 gerai yang tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

6. Eng Liang Tan

Eng Liang Tan adalah pemilik PT SOHO Global Health dan Apotek Harmoni. Dia merupakan generasi kedua keluarga Tan Tjhoen Lim, pendiri SOHO Group. 

Sejak 1997, dia menjabat sebagai Presiden Komisaris dan telah meningkatkan pendapatan SOHO Global Health lebih dari 20 kali lipat. 

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda