8 Cara Menghasilkan Passive Income dengan Mudah dan Tanpa Modal

Jeanny Aipassa ยท Sabtu, 16 Oktober 2021 - 23:59:00 WIB
8 Cara Menghasilkan Passive Income dengan Mudah dan Tanpa Modal
Ilustrasi passive income. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Di zaman serba digital saat ini, ada banyak cara untuk menghasilkan passive income dengan mudah, bahkan tanpa keluar modal atau duit.

Dengan memiliki passive income, kamu bisa mendapatkan penghasilan di saat kamu sedang tidak melakukan apapun, atau bahkan saat kamu sedang tidur. 

Secara umum, passive income diartikan sebagai jenis penghasilan yang tidak dihasilkan secara langsung. Dengan kata lain, Anda bisa memperoleh pendapatan bahkan saat sedang tidak aktif bekerja.

Lain halnya dengan active income, yang dihasilkan dari gaji pekerja kantoran, yang membutuhkan waktu dan tenaga secara langsung untuk mendapatkan penghasilan.

Beberapa bentuk passive income yang populer di era digital ini, antara lain youtuber, selebgram, vloger, atau tiktokers. Dengan konten yang dibuat di jejaring media sosial tersebut, mereka bisa memperoleh penghasilan dari endorse, bahkan menjadi brand ambasador produk. 

Nah, apakah itu berarti Anda harus menjadi Youtubers, Selebgram, vloger, atau tiktokers juga untuk mendapatkan passive income? Tentu tidak. Pasalnya, ada banyak bentuk passive income yang dapat Anda lakukan dengan mudah, cukup dengan mengandalkan teknologi digital. 

Berikut 10 cara menghasilkan Passive Income dengan mudah tanpa modal yang bisa Anda coba:

1. Menjual Stok Foto

Apakah Anda memiliki banyak stock foto dengan kualitas bagus? Jika iya, Anda bisa coba menjual stok foto Anda di internet.

Mungkin Anda pernah mengunduh foto dari platform seperti Shutterstock, iStock, atau 500px. Nah, Anda bisa menjual foto-foto Anda juga di sana.

Foto-foto yang Anda tawarkan di platform tersebut nantinya akan digunakan oleh para pembuat konten yang membutuhkan elemen visual tambahan. 

Oleh karena itu, pastikan foto Anda memiliki topik yang jelas, misalnya destinasi wisata, icon di suatu negara atau daerah, landscape perkotaan, tempat ibadah, dan masih banyak lagi. 

Jangan lupa untuk mengecek kebijakan platform dalam hal pembagian keuntungan dan prosedur pembayaran. 

2. Bisnis Dropshipping

Dropshipping merupakan salah satu cara mencari uang di internet yang cukup populer akhir-akhir ini. Pasalnya, metode ini memungkinkan Anda untuk berjualan tanpa memiliki produk dan modal.

Dropshipping merupakan salah satu sumber passive income yang menarik. Terutama jika bisnis Anda bisa membuat alur transaksinya otomatis. Mulai dari restock, order, hingga request pengiriman barang.

Cara kerjanya sederhana, Anda cukup mencari supplier suatu produk di internet. Lalu pasarkan produk tersebut di website Anda atau di online marketplace. 

Setelah itu, jika ada yang membeli, Anda tinggal order produk tersebut untuk dikirimkan ke si pembeli. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk inventory sama sekali. Anda hanya perlu supplier dan platform untuk memasarkan produknya.

3. Menjual Karya Seni Digital

Apakah Anda hobi membuat karya seni digital seperti logo, banner, atau undangan? Nah, Anda juga bisa menjualnya di internet. 

Cukup simpan karya Anda di platform penjualan karya seni, lalu biarkan passive incomenya mengalir. Beberapa platform yang dapat membantu menjual karya seni Anda antara lain Etsy atau Creative Market. 

Jangan lupa, Anda juga bisa menjualnya lewat platform milik Anda sendiri seperti website atau akun media sosial.

Sebelum menentukan karya apa yang ingin Anda jual, pastikan Anda sudah tahu siapa target pasar Anda. Contohnya, Anda bisa menargetkan perusahaan-perusahaan baru untuk logo yang Anda buat. Ingat, karya seni sangatlah bergantung pada orisinalitas. Pastikan karya seni yang Anda buat orisinal dan memiliki keunikan tersendiri.


4. Mengikuti Program Afiliasi

Afiliasi adalah salah satu ide passive income yang sangat mudah untuk dilakukan. Anda cukup mengikuti suatu program afiliasi. Nah, program ini mengharuskan Anda untuk mempromosikan suatu produk atau layanan. 

Jika promosi Anda berhasil hingga berujung pada pembelian, maka Anda akan mendapat komisi dari penjualannya. Cukup mudah, bukan? Tapi ingat, Anda tetap harus bersabar hingga promosi yang Anda lakukan berhasil menggaet pembeli.

Cara promosi yang Anda lakukan bisa bermacam-macam. Mulai dari promosi via website, akun sosial media, hingga email. Pilih platform di mana Anda bisa mengakses basis konsumen potensial yang luas.

Salah satu bisnis yang menyediakan program afiliasi adalah Niagahoster. Jika Anda mengikuti programnya dan berhasil mendapat pembelian, Anda akan mendapat komisi sebesar 70 Persen. 

5. Membuat dan Menjual e-Book

Hobi menulis bisa Anda jadikan sebagai passive income. Anda dapat menulis tentang apa pun , baik itu fiksi maupun non fiksi, lalu mengemasnya secara menarik dalam bentuk e-Book.

Sebelum membuat eBook, Anda harus tahu terlebih dulu apa yang ingin Anda capai. Apakah Anda ingin membahas suatu topik secara mendalam? Memecahkan masalah? Atau sekedar menghibur pembaca? 

Apa pun tujuannya, pastikan Anda menjawab ekspektasi pembaca. Inilah mengapa Anda juga perlu tahu siapa target pembaca Anda dan apa yang bisa Anda lakukan untuk membuat mereka tertarik pada eBook-nya.

Setelah eBook-nya selesai, tentu Anda harus mempublikasikannya, kan? Ada dua cara yang bisa Anda coba, yaitu:

-Mengirimkannya ke platform penerbit. Seperti Amazon KDP (Kindle Direct Publishing) atau NulisBuku.
- Menerbitkannya di platform sendiri. Contohnya, Anda bisa menjual e-Booknya di website atau akun media sosial, hingga kontak e-mail Anda. 
6. Membuat Online Course 

Apakah Anda punya keahlian khusus? Misalnya fotografi, jurnalistik, psikolog, atau konten kreator? Jika iya, Anda bisa coba membuka kursus online. 

Jangan khawatir dengan banyaknya tips atau kursus gratis di media sosial. Anda hanya perlu mencari celah untuk membuat kursus online Anda lebih menarik. 

Salah satu caranya adalah dengan membahas topiknya secara lebih mendalam, memberi trik khusus yang tidak diajarkan di kursus online lain, atau menjanjikan output yang jelas. 

7. Jual Produk Fisik

Hampir sama dengan dropshopping, ada beberapa cara untuk mendapatkan passive income dengan menjual produk fisik. Mungkin salah satu cara yang paling dikenal adalah menjual produk bekas lama kamu di eBay.

Tetapi bahkan jika kamu tidak memiliki barang yang tersisa untuk dijual, kamu bisa mulai dengan menjual produk untuk sebuah perusahaan di platform e-commerce dan mereka akan mengurus sisanya, termasuk pengiriman.

Kamu juga bisa meluncurkan toko online kamu sendiri dengan memanfaatkan banyak marketplace yang sudah tersedia saat ini. Mereka benar-benar memberi kamu semua yang kamu butuhkan untuk menjual produk secara online.

8. Membuat Blog

Mungkin cara paling mudah dan populer untuk mendapatkan passive income adalah dengan memiliki blog probadi. Kamu hanya butuh beberapa menit untuk menyiapkannya. 

Saat ini, ada banyak platform yang memberikan fasilitas blog secara gratis, sehingga Anda tidak perlu membeli nama domain dan membayar untuk hosting.

Modal yang diperlukan untuk membuat blog adalah konsistensi. Pastikan Anda secara rutin mengisi blog Anda dengan konten-konten yang menarik pembaca dan dibagi ke banyak orang.

Agar tidak berat, mulai buatlah konten-konten yang sesuai dengan ketertarikan atau keahlian kamu. Misalnya, jika kamu hobi traveling, maka Anda bisa menjadi travel blogger dengan membagi kisah perjalanan atau petualangan Anda. 

Jangan lupa untuk menyebarkan konten dari blog kamu di media sosial, supaya banyak orang yang tertarik membacanya. 

Nah, sudah tahu kan 8 cara menghasilkan passive income tanpa modal? Manakah yang cocok untuk Anda? Apapun itu, Selamat mencoba!

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel: