Bahana Sekuritas: Belanja Iklan 2018 Naik, Emiten Media Menarik
JAKARTA, iNews.id – Setelah tertekan dalam beberapa tahun terakhir, industri media diperkirakan bersinar pada tahun 2018. Pasalnya, industri tersebut tengah berada dalam momentum terbaik seiring dengan perhelatan besar, baik di dalam maupun luar negeri, yang akan mengerek belanja iklan.
Henry Wibowo, Analis Senior Bahana Sekuritas memperkirakan belanja iklan pada tahun ini tumbuh 13-15 persen, melesat cukup tinggi bila dibandingkan dengan belanja iklan tahun lalu yang tumbuh pada kisaran 3-5 persen. Dia menilai, rendahnya pertumbuhan belanja iklan pada tahun lalu disebabkan daya beli masyarakat yang masih lesu.
“Rendahnya daya beli masyarakat membuat sejumlah perusahaan terutama perusahaan barang konsumer yang bergerak cepat atau fast moving consumer goods (FMCG) menahan diri untuk menggunakan belanja iklannya di tengah keriuhan suasana politik pada semester pertama 2017,” kata Henry, Minggu (11/2/2018).
Henry pun memiliki sejumlah alasan mengapai emiten media menarik untuk dikoleksi tahun ini karena sejumlah korporasi akan menggenjot belanja iklan tahun ini. Pertama, ada beberapa perhelatan besar akan berlangsung sepanjang tahun ini seperti perhelatan Piala Dunia di Rusia pada Juni 2018, dengan hak siar dipegang oleh Trans Crop. Sayangnya, hingga saat ini, Trans Corp belum juga melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Selain itu, ada pula pesta olah raga Asian Games pada Agustus 2018 yang kembali ke Indonesia setelah lebih dari 50 tahun terakhir kali menjadi tuan rumah. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) yang memegang hak siar Asian Games.