Bansos PKH Rp7,2 Triliun dan Sembako Rp11,2 Triliun Disalurkan Minggu Depan

Mochamad Rizky Fauzan ยท Jumat, 30 September 2022 - 15:33:00 WIB
Bansos PKH Rp7,2 Triliun dan Sembako Rp11,2 Triliun Disalurkan Minggu Depan
Bansos PKH Rp7,2 triliun dan sembako Rp11,2 triliun disalurkan minggu depan. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan segera menyalurkan bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan sembako. Pencairan dua bansos reguler tersebut akan dilakukan pada minggu depan.

Adapun total dana dua bansos yang akan disalurkan mecapai Rp18,4 triliun. Rinciannya, bansos sembako sebesar Rp11,2 triliun, sedangkan PKH Rp7,2 triliun, dengan demikian totalnya mencapai Rp 18,4 triliun.

"PKH dan Sembako akan disalurkan mulai Oktober, minggu depan," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Sekadar informasi, pemerintah mengalokasikan anggaran untuk bansos sembako sebesar Rp45,12 triliun, yang akan diberikan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Isa menuturkan, pencairan dana tersebut hingga Januari-September mencapai  Rp33,41 triliun atau 74 persen dari total anggaran.

"Untuk Oktober-Desember, Insya Allah mulai besok sudah didistribusikan. Ini memang tiap 3 bulan. Mulai Senin didistribusikan periode September-Desember," ujarnya.

Adapun nilai bantuan sembako Rp200.000 per KPM dan akan dibayarkan 3 kali. Bantuan akan disalurkan melalui bank Himbara dan PT Pos Indonesia. Namun khusus wilayah Papua dan Papua Barat, penyaluran dilakukan lewat Pos Indonesia.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda