BEI Targetkan 55 Emiten Melantai hingga Akhir Tahun Ini

Anggie Ariesta · Rabu, 10 Agustus 2022 - 10:50:00 WIB
BEI Targetkan 55 Emiten Melantai hingga Akhir Tahun Ini
Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Iman Rachman. (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA , iNews.id - Sepanjang tahun ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah memfasilitasi proses pencatatan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) 43 emiten. Adapun secara keseluruhan total emiten yang tercatat di Bursa telah mencapai 804.

Direktur Utama BEI, Iman Rachman mengatakan, dalam tiga hari terakhir, terdapat empat emiten baru yang listing di BEI. Pihaknya menargetkan hingga akhir tahun ini sebanyak 55 perusahaan melantai di Bursa.

"Target kami sampai akhir tahun adalah mencapai sebanyak 55 emiten. Namun demikian tantangan bagi kami di industri adalah bahwa kita tidak hanya bicara tentang quantity, tapi bagaimana juga jalan kedepan kita memperoleh emiten dengan kualitas-kualitas yang memang bisa memperoleh kinerja yang baik untuk fundraising kedepannya," ujar Iman dalam sambutan di acara HUT ke-45 Pasar Modal Indonesia, Rabu (10/8/2022).

Sebagai gambaran, jika dibandingkan dengan Bursa ASEAN lainnya, Indonesia masih menjadi bursa dengan IPO terbanyak dalam 4 tahun berturut-turut sejak 2018.

"Selain itu bursa kita juga berhasil mencapai pertumbuhan tertinggi total perusahaan tercatat yang totalnya 39 persen dibandingkan tahun 2017," kata dia.

Iman juga menyoroti soal keaktifan bertransaksi dari para investor ritel. PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat jumlah investor saham di pasar modal Indonesia telah tembus 4 juta.

“Investor pasar modal dari data KSEI sudah mencapai 9,4 juta dan saham sudah 4 juta, naik 8 kali lipat jika dibandingkan tahun 2017 atau 59 persen usianya didominasi 30 tahun kebawah atau milenial," ucap Iman.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda