Beli Pinehill Rp45 Triliun, Ini Alasan Indofood Berani Bayar Mahal

Suparjo Ramalan ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 15:56 WIB
Beli Pinehill Rp45 Triliun, Ini Alasan Indofood Berani Bayar Mahal

Indofood. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) menyepakati nilai transaksi Pinehill Company Ltd sebesar 2,998 miliar dolar AS atau Rp45 triliun. Akuisisi tersebut untuk memperkuat posisi perseroan di pasar mi instan Timur Tengah, Afrika, dan Eropa Timur.

Nilai pembelian tersebut tergolong besar karena nilai ekuitas Pinehill hanya 246,3 juta dolar AS dengan aset sebesar 174,3 juta dolar AS. Sementara laba bersih pada 2019 lalu tercatat 43,2 juta dolar AS.

Corporate Secretary ICBP, Gideon A. Putro mengatakan, Pinehill memiliki empat anak usaha yang memproduksi dan memasarkan mi instan untuk delapan negara mulai dari Arab Saudi hingga Serbia. Seluruh produk tersebut dibuat di 12 pabrik dengan kapasitas 10 miliar bungkus per tahun

"Pasar tujuan dari Target Grup saat ini masih pada tahap awal pertumbuhan baik dalam segi volume penjualan dan tingkat keuntungan," kata Gideon, Sabtu (23/5/2020).

Menurut dia, nilai hampir 3 miliar dolar AS itu berdasarkan negosiasi yang wajar dengan merujuk pada rata-rata tingkat pertumbuhan historis dan proyeksi perusahaan. Selain itu, kekuatan produk di pasar juga cukup dominan.

Saat ini, delapan negara yang menjadi pasar utama memiliki populasi 550 juta jiwa. Angka ini belum menghitung pasar potensial di negara-negara sekitarnya yang jika ditotal mencapai 885 juta jiwa.

"Potensi pertumbuhan substansial Target Group yang timbul dari status pasar inti yang sedang berkembang, dimana saat ini rata-rata konsumsi per kapita kurang dari seperempat tingkat komsumsi per kapita produk Perseroan di Indonesia," kata Gideon.

Dia juga menyebut, penjual sepakat memberikan garansi keuntungan dengan rasio price earning multiple tetap dijaga di level 23 kali. Untuk diketahui, Pinehill dimiliki sebagian besar sahamnya oleh Direktur Utama ICBP, Anthony Salim, sehingga tergolong transaksi afiliasi.

Gideon mengatakan, akuisisi ini juga memiliki kecocokan strategi dan potensi sinergi dengan ICBP. Dia yakin akuisisi ini akan meningkatkan nilai bagi pemegang saham.

Editor : Rahmat Fiansyah