Berikut Daftar Komoditas Ekspor Unggulan Indonesia, Kelapa Sawit hingga Udang

Aditya Pratama ยท Jumat, 21 Januari 2022 - 14:19:00 WIB
Berikut Daftar Komoditas Ekspor Unggulan Indonesia, Kelapa Sawit hingga Udang
Terdapat berbagai macam komoditas ekspor unggulan Indonesia, baik dari sektor migas maupun nonmigas. Simak deretan komoditas ekspor unggulan Indonesia. (foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Terdapat berbagai macam komoditas ekspor unggulan baik dari sektor migas maupun nonmigas.

Kegiatan ekspor menjadi salah satu sumber pendapatan negara, di mana barang-barang yang dijual ke luar negeri harganya disesuaikan dengan kondisi perekonomian negara yang dituju. Ekspor barang yang juga dikenakan pajak akan masuk ke kas negara.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia pada Januari-Desember 2021 mencapai 231,54 miliar dolar AS atau setara Rp332,18 triliun. Ekspor nonmigas mengalami kenaikan 41,52 persen dengan nilai 219,27 miliar dolar AS.

Ekspor nonmigas hasil industri pengolahan pada periode tersebut naik 35,11 persen dibanding periode yang sama tahun lalu dan menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan. Begitu juga ekspor hasil pertanian naik 2,86 persen serta ekspor hasil tambang dan lainnya naik 92,15 persen.

Lantas apa saja komoditas ekspor dari Tanah Air? Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan komoditas ekspor unggulan Indonesia.

1. Kelapa Sawit

Indonesia dikenal sebagai raja sawit dunia karena menguasai sekitar 55 persen pangsa pasar ekspor komoditas tersebut. Kelapa sawit dan turunannya termasuk dalam golongan barang lemak dan minyak hewan/nabati.

Menurut BPS, ekspor kelapa sawit merupakan salah satu yang tertinggi pada kategori ekspor nonmigas. Adapun negara tujuan komoditas ini di antaranya India, China, Malaysia, Rusia, AS, Pakistan, Singapura, Afrika Selatan, Mesir, Iran, Jerman, Spanyol, Turki, Italia, Bangladesh, Vietnam, Yordania, dan Tanzania.

2. Kopi 

Dikenal dengan iklim tropis, Indonesia menjadi salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. Kopi Indonesia menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan termasuk jenis robusta, arabika, dan olahan seperti kopi luwak.

Adapun beberapa negara tujuan ekspor kopi di antaranya Brasil, Spanyol, China, AS, Italia, Inggris, Turki, Argentina, India, Thailand, Vietnam, Pakistan, Malaysia, Hong Kong, dan Jepang.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: