BUMN Klaster Pangan Ekspor 132 Ton Gurita Rp13 Miliar ke AS

Suparjo Ramalan ยท Minggu, 26 September 2021 - 13:20:00 WIB
BUMN Klaster Pangan Ekspor 132 Ton Gurita Rp13 Miliar ke AS
BUMN Klaster Pangan ekspor 132 ton gurita Rp13 miliar ke AS. Foto: Reuters

JAKARTA, iNews.id - Calon induk Holding BUMN Pangan, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) mengungkapkan, BUMN Klaster Pangan melakukan ekspor perdana gurita ke Amerika Serikat (AS).

“Kegiatan ekspor di sektor perikanan merupakan salah satu penyumbang devisa negara, oleh karenanya perikanan menjadi salah satu lini bisnis BUMN Klaster Pangan yang sangat strategis," kata Direktur Utama PT RNI (Persero) Arief Prasetyo Adi dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Minggu (26/9/2021).

Dia menuturkan, BUMN Klaster Pangan terus melakukan optimalisasi serta mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki. Salah satunya mengoptimalisasi potensi gurita di Sulawesi Selatan yang cukup besar, di mana gurita menjadi salah satu produk unggulan yang banyak diekspor.

Arief menegaskan, BUMN Klaster Pangan berkomitmen penuh dalam memperkuat sektor perikanan nasional melalui peningkatan produktivitas, ekspor, serta pengembangan produk-produk perikanan yang bernilai tambah dan berkualitas. Adapun ekspor perdana gurita ke AS menjadi awal yang baik untuk membuka peluang ekspor komoditas perikanan lainnya ke negara tersebut.

BUMN Klaster Pangan melakukan ekspor perdana Gurita Steam (ready to eat) dan Gurita whole frozen sebanyak 132 ton atau sebanyak enam kontainer 40 feet ke AS melalui PT Perikanan Nusantara (Persero) atau Perinus. Pelepasan ekspor dilakukan Arief Prasetyo Adi, Direktur Utama Perinus Sigit Muhartono, dan Kepala Dinas Perikanan Pemprov Sulawesi Selatan Irsan Hapid di Makassar.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: