Daftar Oleh-oleh Jokowi dari China, Jepang dan Korea Selatan untuk Indonesia

Mochamad Rizky Fauzan · Sabtu, 30 Juli 2022 - 15:18:00 WIB
Daftar Oleh-oleh Jokowi dari China, Jepang dan Korea Selatan untuk Indonesia
Daftar Oleh-oleh Jokowi dari China, Jepang dan Korea Selatan untuk Indonesia.

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyelesaikan kunjungan kerja ke tiga negara Asia Timur, yakni China, Jepang, dan Korea Selatan.  Presiden Jokowi dan rombongan telah tiba di Tanah Air pada Jumat (29/7/2022) dini hari. 

Dalam agenda pertama pertemuan Jokowi dengan Presiden China Xi Jinping pada Selasa (26/7/2022), mereka sepakat memperkuat kerja sama ekonomi antarkedua negara. 

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, yang turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan itu menyampaikan, China berkomitmen meningkatkan kerja sama ekonomi hijau. Bentuk kerja samanya, antara lain pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara, dan meningkatkan impor produk pertanian Indonesia. 

Selain itu, juga memastikan sejumlah kesepakatan lain, yakni pembaruan Nota Kesepahaman (MoU) Sinergi Poros Maritim Dunia dan Belt Road Initiative, MoU kerja sama pengembangan dan penelitian vaksin dan genomika, MoU mengenai pembangunan hijau, pengaturan kerja sama kelautan. Selain itu, protokol mengenai ekspor nanas Indonesia, pengaturan kerja sama pertukaran informasi dan penegakan pelanggaran kepabeanan, serta rencana aksi kerja sama pengembangan kapasitas keamanan siber dan teknologi. 

China juga akan kembali membuka akses pasar untuk minyak sawit, produk perikanan, produk pertanian. Selain itu, memberikan investasi pada bidang industri hijau, kendaraan listrik dan baterainya, infrastruktur, digital, serta logistik. 

"RRC adalah mitra strategis komprehensif Indonesia. Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan untuk negara kita, dan sekaligus untuk kawasan dan dunia,” kata Jokowi dalam keterangannya, dikutip Sabtu (30/7/2022). 

Setelah berkunjung ke China, Jokowi bertolak ke Jepang pada Rabu (27/7/2022) dan bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida. Kedua negara membahas kerja sama ekonomi di bidang perdagangan, terutama upaya meningkatkan kerja sama perdagangan bilateral. 

Hasil Pertemuan Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Fumio Kishida memastikan sejumlah kesepakatan, di antaranya dari segi ekonomi, Jepang menyatakan kesiapan untuk meminjamkan dana senilai 43,6 miliar yen atau Rp4,7 triliun kepada Indonesia untuk membangun proyek infrastruktur. 

Selain itu, Jokowi sempat meminta Jepang untuk mendukung penurunan tarif beberapa produk ekspor RI, seperti tuna, pisang, nanas. Dia juga meminta akses pasar untuk produk mangga dari Indonesia. 

Jokowi dan Kishida juga sepakat mempercepat penyelesaian proyek pembangunan kerja sama kedua negara di Indonesia. Beberapa proyek itu, antara lain MRT Jakarta North-South Fase II dan East-West Fase I, Kawasan Industri Papua Barat, serta perluasan Pelabuhan Patimban dan Jalan Tol Akses Patimban. 

"Kita sepakat akan memperkuat kerja sama perdagangan dan investasi antara kedua negara," ujarnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda