Dikritik DPR AS, Bos Boeing Janji Tak Akan Ambil Bonus Sepeser Pun Tahun Ini

Rahmat Fiansyah ยท Selasa, 05 November 2019 - 21:15 WIB
Dikritik DPR AS, Bos Boeing Janji Tak Akan Ambil Bonus Sepeser Pun Tahun Ini

CEO Boeing, Dennis Muilenburg. (Foto: AFP)

CHICAGO, iNews.id - CEO Boeing Dennis Muilenburg tidak akan mengambil bonus tahun ini. Keputusan tersebut diambil setelah Muilenburg dicecar habis-habisan oleh para anggota DPR AS karena mengambil bonus 20 juta dolar AS pada tahun 2018 silam.

Dalam rapat dengar pendapat di Capitol Hill, Muilenburg dihujani kritikan para anggota DPR karena menerima bonus cukup besar tahun lalu. Padahal, pabrikan pesawat itu tengah diterpa krisis usai dua kecelakaan beruntun pesawat Boeing 737 MAX di Indonesia dan Ethiopia.

Chairman Boeing David Calhoun mengungkapkan, keputusan itu disampaikan langsung oleh Muilenburg kepada dirinya pada Sabtu (2/11/2019) pagi waktu AS. Saat itu, Muilenburg berjanji tidak akan mengambil bonus sepeser pun.

"Pertama, tidak akan ada bonus jangka pendek, jangka panjang, ketiga, tidak ada kompensasi saham sampai MAX benar-benar bisa terbang dengan aman," kata Calhoun dikutip dari CNBC, Selasa (5/11/2019).

Calhoun yang mengisi posisi Muilenburg sebagai Chairman belum lama ini memprediksi pesawat Boeing 737 MAX akan mengudara kembali paling cepat 2021. Saat ini, Boeing tengah berupaya keras agar regulator mencabut status grounded pada 737 MAX.

Dia menyebut, Muilenburg tertekan dalam rapat bersama DPR AS yang berlangsung dua hari. Pada rapat pertama yang menghadirkan keluarga korban kecelakaan 737 MAX, Muilenburg sedih dengan cerita para korban.

"Dia mendengarkan selama beberapa jam setiap cerita dari para korban, dan cerita-cerita itu mengubah hidupnya," ujar Calhoun.

Editor : Rahmat Fiansyah