Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Kementerian UMKM Perkuat Klaster Fesyen dan Kerajinan Tangan lewat Holding UMKM
Advertisement . Scroll to see content

Dukung Produk Lokal, Shopee Perluas Akses UMKM dan Brand Lokal lewat Platform Inklusif

Kamis, 04 Juli 2024 - 07:22:00 WIB
Dukung Produk Lokal, Shopee Perluas Akses UMKM dan Brand Lokal lewat Platform Inklusif
Ilustrasi belanja online. (Foto: dok Freepik/benzoix)
Advertisement . Scroll to see content

Animo pengguna Shopee di berbagai pulau Indonesia dalam berburu produk incaran juga terlihat dari tren produk lokal yang paling dicari. Jika dilihat dari sudut pandang geografis, terbagi berdasarkan letak wilayah dan waktu adalah sebagai berikut. 

- Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB): Sumatra hingga Jawa

Dimulai dari ujung barat Indonesia, berbagai produk Fashion seperti celana perempuan, dan batik menjadi ragam produk lokal yang paling banyak dibeli masyarakat seiring pesatnya perkembangan tren fashion di dua pulau ini. Menariknya, kuliner khas seperti cemilan Keripik Pisang dari kategori Food and Beverage tak kalah ketinggalan mendominasi produk terlaris di tahun ini.

- Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA): Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara

Beralih ke sisi tengah Indonesia, sebagai pulau-pulau yang terkenal dengan tempat wisatanya, produk dari kategori Kecantikan seperti sunscreen menjadi produk paling dicari oleh masyarakat saat ini. Sepertinya tengah tahun ini memang menjadi waktu terbaik untuk menyambut musim liburan, karena produk dari kategori Fashion dan Aksesoris, seperti sandal dan kacamata juga menjadi daftar pencarian tertinggi.

- Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT): Maluku dan Papua 

Mengikuti kemajuan era digital saat ini, kebutuhan akan produk berteknologi tinggi dari kategori Handphone dan Aksesoris seperti case HP menjadi produk yang paling dicari masyarakat di pulau yang berada di ufuk timur Indonesia. Tak ketinggalan, kebutuhan Home and Living, seperti rak piring dan gorden untuk jendela turut menjadi daftar produk yang paling dicari di pertengahan tahun ini.

Tidak hanya dalam negeri, demi meraih pangsa pasar global melalui digital yang inklusif, Shopee juga menghadirkan layanan yang terintegrasi lewat Program Shopee Ekspor. Pada program ini lebih dari 26 juta produk lokal telah diekspor ke berbagai negara.

Tak berhenti di situ, pencapaian positif ini terus berlanjut di awal 2024 dengan peningkatan transaksi produk yang diekspor melonjak lebih dari 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Dengan demikian, pertengahan 2024 menjadi bukti, Shopee tidak hanya menjadi tempat untuk berbelanja online, tetapi juga menjadi ruang perubahan yang aktif dalam membangun ekosistem bisnis lokal yang kuat dan berkelanjutan di seluruh Indonesia. 

Editor: Anindita Trinoviana

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut