Edhy Prabowo Ingin Contoh Australia yang Sukses Budidaya Lobster

Muhammad Aulia ยท Sabtu, 29 Februari 2020 - 15:58 WIB
Edhy Prabowo Ingin Contoh Australia yang Sukses Budidaya Lobster

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (kiri) bersama peneliti lobster dari Universitas Tasmania (kanan). (Foto: Humas KKP)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Australia. Kunjungan itu dalam rangka mempelajari budidaya lobster.

Menteri Edhy melihat langsung pembudidayaan lobster yang dilakukan di Institut Studi Kelautan dan Antartika (IMAS), Universitas Tasmania.

"Ini kemajuan, karena selama ini belum ada yang bisa melakukan budidaya lobster sampai bisa dikembangbiakkan. Saya pikir Indonesia harus pelajari ini," katanya melalui keterangan tertulis, Sabtu (29/2/2020).

Menurut Edhy, para peneliti di IMAS berhasil mengembangkan budidaya lobster setelah meneliti lebih dari 20 tahun. Proses budidaya dimulai dari telur ke puerulus (benih) hingga menjadi lobster dewasa.

Politikus Partai Gerindra itu menilai, budidaya lobster itu menjadi jawaban bahwa lobster tidak akan punah.

"Di sini sudah dijawab langsung oleh ahlinya. Beliau sudah meneliti 20 tahun. Hal lain yang menjadi penting, bagaimana berbudidaya lobster yang baik," tuturnya.

Budidaya menjadi sektor yang menjadi prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Untuk lobster, Edhy menilai komoditas ini amat menjanjikan karena nilai ekonominya tinggi.

Untuk merealisasikan budidaya lobster di Indonesia, kata Edhy, pemerintah perlu Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 56 tahun 2016. Revisi ini, menurut dia, muncul atas aspirasi langsung dari nelayan, ahli lingkungan, dan pelaku usaha.

"Draftnya sudah finalisasi tinggal menyampaikan ke Menko Maritim dan Investasi serta Presiden," ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah