Ekonomi Syariah: Prinsip, Tujuan, dan Ciri-cirinya

Aditya Pratama ยท Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:28:00 WIB
Ekonomi Syariah: Prinsip, Tujuan, dan Ciri-cirinya
Ekonomi syariah merupakan cabang ilmu ekonomi berlandaskan syariat Islam yang berasal dari Al-Qur'an dan Hadis. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.id - Ulasan mengenai ekonomi syariah: prinsip, tujuan, dan ciri-cirinya akan dibahas pada artikel ini. Ekonomi syariah merupakan cabang ilmu ekonomi berlandaskan syariat Islam yang berasal dari Al-Qur'an dan Hadis.

Hukum-hukum yang melandasi prosedur transaksi sepenuhnya untuk kemaslahatan masyarakat. Adapun kesejahteraan masyarakat tidak diukur dari aspek materil saja, melainkan juga mempertimbangkan dampak sosial, mental, spiritual, dan dampaknya pada lingkungan.

Terdapat beberapa perbedaan antara ekonomi konvensional dan ekonomi syariah, di antaranya dalam ekonomi syariah adanya larangan riba, eksploitasi masyarakat berekonomi rendah oleh pemiliki modal, penumpukan atau penimbunan kekayaan, dan lain sebagainya. 

Prinsip Ekonomi Syariah

Terdapat delapan prinsip dalam ekonomi syariah. Pertama, berbagai sumber daya merupakan amanah dari Allah SWT kepada manusia. Oleh karena itu, manusia harus dapat bertanggung jawab di dunia maupun akhirat.

Kedua, ekonomi syariah menolak akumulasi kekayaan yang dikuasai oleh beberapa orang. Ketiga, menghindari jual beli yang Diharamkan. Keempat, kepemilikan pribadi dalam Islam diakui dengan batas-batas tertentu.

Kelima, kerja sama merupakan penggerak utama dalam ekonomi syariah. Keenam, riba dengan segala bentuknya dilarang dalam Islam. 

Ketujuh, kekayaan yang sudah memenuhi batas atau nisab harus dibayarkan zakatnya, dan kedelapan, pemilikan masyarakat dan penggunaannya direncanakan untuk kepentingan orang banyak dijamin dalam ekonomi syariah.

Tujuan Ekonomi Syariah

Ekonomi syariah memiliki tujuan yang berbeda dengan ekonomi konvensional, mungkin di konvensional tujuan utama adalah keuntungan secara pribadi. Namun dalam ekonomi syariah memiliki beberapa tujuan yang sangat mulia dan baik untuk semua, yaitu:

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda