Ekonomi Syariah: Prinsip, Tujuan, dan Ciri-cirinya

Aditya Pratama ยท Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:28:00 WIB
Ekonomi Syariah: Prinsip, Tujuan, dan Ciri-cirinya
Ekonomi syariah merupakan cabang ilmu ekonomi berlandaskan syariat Islam yang berasal dari Al-Qur'an dan Hadis. (Foto: ANTARA)

Ekonomi syariah memiliki tujuan berbeda dengan ekonomi konvensional. Adapun tujuan ekonomi syariah diharapkan dapat membawa perekonomian ke arah yang lebih baik, adil, dan sejahtera, di antaranya:

1. Membentuk masyarakat yang terjalin erat satu sama lain, berdasarkan keadilan dan persaudaraan.

2. Mencapai distribusi pendapatan dan kekayaan yang adil dan merata.

3. Mencapai kesejahteraan sesuai dengan nilai dan norma Islam.

4. Mendukung kebebasan individu bekerja dan berusaha meningkatkan taraf hidupnya sesuai dengan nilai dan norma Islam.

Ciri-ciri Ekonomi Syariah

Berpedoman pada Al-Qur'an Hadis, tentunya manajemen ekonomi syariah menjunjung tinggi nilai spiritual, sehingga pada akhirnya bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat. Terdapat ciri khas dari ekonomi syariah menjunjung tinggi keadilan manusia. 

Oleh karena itu, pihak yang terlibat dalam ekonomi syariah cenderung diberlakukan adil. Beberapa ciri-ciri ekonomi syariah di antaranya, aktivitas perekonomian dalam Islam bersifat pengabdian, pengawasan yang sebenarnya dilaksanakan dalam aktivitas ekonomi Islam.

Lalu, ekonomi syariah menjadikan keseimbangan antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat, dan aktivitas ekonomi dalam Islam mempunyai suatu cita-cita yang luhur.

Itu tadi ulasan mengenai ekonomi syariah: prinsip, tujuan, dan ciri-cirinya. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat.

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda