Erick Thohir Beberkan 3 Cara Kendalikan Bisnis BUMN di Tengah Perubahan Masif

Iqbal Dwi Purnama · Sabtu, 11 Juni 2022 - 18:32:00 WIB
Erick Thohir Beberkan 3 Cara Kendalikan Bisnis BUMN di Tengah Perubahan Masif
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa bisnis harus bisa mengadopsi perkembangan zaman yang terjadi. Dia membeberkan tiga cara untuk menjawab perubahan yang terjadi cukup masif.

Erick menjelaskan, untuk mengikuti perkembangan yang terjadi dapat dilakukan dari berbagai hal, mulai dari disrupsi teknologi, perubahan iklim, kesehatan, dan lainnya.

"Nomor satu, karena perubahan itu kita mengubah yang namanya bisnis model, cara berusahanya, tidak bisa dalam perubahan ini cara berusaha kita sama," ujar Erick dalam acara Business Matching HUT HIPMI, Sabtu (11/6/2022).

Erick mencontohkan perubahan yang dilakukan di salah satu BUMN, yaitu Telkom dan Telkomsel yang memiliki banyak pesaingnya di Indonesia untuk jaringan internet.

"Kita mensinkronisasikan, yang namanya Telkom harus refocusing, tidak lagi sebagai telco company, tetapi sebagi perusahaan yang membangun infrastruktur digital," kata dia.

"Kalau dahulu kita bicara jalan tol, listrik masuk desa, hari ini kita bicara WiFi masuk desa, cloud, data center fiber optik," sambungnya.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda