Erick Thohir: Esensi Kemerdekaan adalah Keadilan Bagi Rakyat di Kota hingga Pelosok Desa

Jeanny Aipassa · Rabu, 17 Agustus 2022 - 12:28:00 WIB
Erick Thohir: Esensi Kemerdekaan adalah Keadilan Bagi Rakyat di Kota hingga Pelosok Desa
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan esensi kemerdekaan adalah keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Artinya, setiap orang harus memiliki akses untuk hidup sejahtera, tak hanya di kota tapi hingga ke pelosok desa. 

Menurut dia, salah satu wujud hidup sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia adalah dengan tersedianya akses listrik hingga wilayah terdepan, tertinggal dan terluar (3T). 

"Listrik adalah kebutuhan masyarakat modern, karena itu sudah menjadi tanggung jawab kami untuk memastikan akses listrik untuk keluarga menengah ke bawah," kata Erick Thohir, dalam video singkat yang diunggah di akun Instagram @ericthohir, Rabu (17/8/2022). 

Terkait dengan itu, lanjutnya, Kementerian BUMN mendorong PLN terus bertransformasi memastikan pasokan listrik aman dan memberikan pelayanan terbaik bagi rakyat Indonesia. BUMN juga terus mendorong penciptaan sumber listrik melalui energi baru terbarukan (EBT). 

Dia menjelaskan, selain listrik, sektor pertanian juga sangat penting untuk pemerataan kesejahteraan. Untuki itu, BUMN melalui Program Makmur mendukung petani agar hidup lebih sejahtera sekaligus memperkuat ketahanan pangan nasional.

"Melalui Program Makmur, petani mendapat bantuan modal, pupuk, bibit, hingga asuransi di 200.000 lahan di puluhan provinsi," ungkap Erick Thohir.

Sama seperti petani, BUMN juga memberikan perhatian dan dukungan kepada nelayan. Melalui Pertamina, BUMN bekerja sama dengan Kemenkop UKM berusaha memenuhi pasokan solar bagi nelayan. 

"Lewat koperasi mereka juga bisa mendapatkan akses modal melalui Kredit USaha Rakyat (KUR) yang bunganya terjangkau. Jangan sampai nelayan kita sama seperti ikan yang kelaparan di laut yang kaya," ujar Erick Thohir.

Dia menuturkan, istri para melayan dan petani juga bisa mendapat modal usaha melalui PNM mekaar. Sudah terbukti selama pandemi 12,7 juta ibu-ibu nasabah telah membuka lapangan pekerjaan hingga 7,1 juta.

Menteri BUMN memaparkan, petani, nelayan, ibu-ibu Mekaar dan para pelaku UMKM adalah ujung tombak perekonomian Indonesia. Untuk itu, BUMN terus mendorong UMKM bisa naik kelas dengan memberikan kemudahan modal usaha, pendampingan, hingga ruang berusaha.

"Pendiri bangsa ini memaknai kemerdekaan adalah berdaulat, bersatu, adil dan makmur. bersama-sama kita bisa mewujudkannya. Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77," tutur Erick Thohir di bagian akhir video tersebut.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda